Tugas Kadet Mesin Di Atas Kapal, Cadet Wajib Baca

Tugas Kadet Mesin Di Atas Kapal - Kadet adalah Istilah dari bahasa inggris yang berarti Taruna atau calon perwira sedangkan kadet mesin adalah calon perwira di bagian mesin. Untuk menjadi seorang perwira maka Cadet harus mengerti apa tugas dan kewajibanya di atas kapal.

Tugas Utama Dari seorang Cadet Mesin adalah Belajar. Belajar mengenai seluk beluk mesin di kapal dan mengenai manajemen pengaturan di bagian mesin.Perlu kita di fahami sehubungan dengan tugas dan tanggung jawab dari cadet yaitu belajar diatas kapal namun lebih penting lagi merujuk pada belajar menempatkan diri atau beradaptasi, dalam arti sebelum menjadi perwira di atas kapal begitulah rasanya menjadi seorang bawahan, begitulah kerja yang sebenarnya diatas kapal, kadang kapal seorang cadet harus ikut ke masinis satu, disitulah kesempatan belajar menempatkan diri menjadi masinis satu, dan seterusnya. Tanggung jawab seorang kadet di bawah komando masinis satu.

Meski tugas cadet mesin  tidak begitu spesifik dijelaskan tapi pada artikel ini dan berdasarkan pengalaman biasanya cadet mesin melakukan tugas tugas berikut ini :

1. Sounding Tanki

Biasanya diatas kapal cadet akan melakukan saunding tanki secara teratur. Biasanya sebelum sarapan yaitu pukul 04.00-08.00. Sounding tanki sangat penting untuk memastikan stabilitas kapal, dan di pastikannya BBM mesin masih ada di dalam tangki dan kestabilan kapal tergantung pada hasil balas yg sedang dilakukan. Dan ini membuat cadet mesin menyadari tingginya tingkat tanggung jawab yang diberikan kepadanya.

2. Membersihkan bagian kamar mesin

Semua yang telah menjadi cadet mesin pasti merasakan ini, ketika anda baru berada diatas kapal maka perwira anda akan menyuruh membersihkan bagian superstruktur kapal entah itu menyapu, mengepel, dan dan pelaporan setiap kelainan yang terjadi. Jangan pernah malas dalam melakukan ini karena perwira anda akan menilai anda , jika anda malas maka mereka juga akan malas memberikan ilmunya kepada anda. Apalagi Kamar mesin yang harus selalu dalam keadaan bersih. Padahal di dalam kamar mesin sering terjadi aktifitas yang kotor maka siapkan fisik dan mental untuk membersihkan kamar mesin.

3. Melakukan Tugas Jaga Mesin

Kadet Mesin akan di berikan tanggung jawab untuk mengiuti tugas jaga mesin  walaupun tidak langsung di biarkan sendiri untu jaga biasanya pertama kali adalah menemani tugas jaga masinis 3 dengan melakukan pekerjaan pekerjaan seperti ;
- meminyaki mesin yang bergerak
- mencatat temp dan tekanan air tawar maupun minyak lumas

4. Kerja Deck

Tidak hanya di kamar mesin terkadang kadet mesin juga di suruh atau di perintah untuk membantu pekerjaan deck. Baik membersihkan deck atau pekerjaan yang lainnya.

5. Saat Berlabuh dan lepas sandar

Saat kapal berlabuh crew mesin akan berada diposisi masing masing, untuk cadet mesin tugas anda hanya memperhatikan saat pertama kali setelah itu anda akan diminta ke tanggung jawab yang lebih besar seperti memastikan operasi berjalan dengan baik.


6. Saat Bongkar muat Dipelabuhan

Menjadi seorang calon perwira dan akan menjadi 3rd setelah lulus, cadet harus selalu waspada saat berada di pelabuhan, bekerja saat di pelabuhan termasuk membantu 3rd dengan mempersiapkan semua keperluan dan persiapan saat bongkar muat di pelabuhan Kadet mesin akan belajar mempelajari hal hal tersebut.


Mungkin dimasa pendidikan cadet adalah hal yang menakutkan tetapi menjadi cadet adalah sesuatu yang menyenangkan dalam mengembangkan karir. Cadet juga akan lepas dari hukum apabila sesuatu insiden terjadi diatas kapal. Setiap orang yang pernah menjadi cadet tidak akan pernah melupakan masa masa saat  menjadi cadet dan menjadi cadet adalah suatu kebanggan tersendiri. 

Related Posts:

0 Response to " Tugas Kadet Mesin Di Atas Kapal, Cadet Wajib Baca "

Posting Komentar