Arah Mata Angin Di Dalam Dunia Pelayaran

Arah Mata Angin Di Dalam Dunia Pelayaran - Dalam pelajaran teori dasar Ilmu Pelayaran Datar (IPD) sering kita jumpai tentang mata angin. Dan  arti dari arah mata angin adalah lingkaran 360° (360 derajat) bumi dari utara ke utara lagi,yang terdiri menurut empat inti primer/ utama yakni Utara,Timur,Selatan,Barat, dan pada jabarkan lagi ke 16 lainnya yg masing-masing mempunyai sudut dari lingkaran tersebut sebanyak 22,5° (22,lima derajat) sehingga sebagai misalnya ini: Mata angin inilah yang nakan selalu memenami kita di dalam pelayaran dan bernavigasi.

Pembagian Mata angin yang masyarakat kenal hanya 4 Bagian saja diantaranya Arah Utara, Arah Barat, Arah Selatan Dan Arah Timur. Padahal masih ada nama nama dari pembagian pembagian terkecil lagi dari ke empat mata arah angin di dalamnya.
Setelah kita mengetahui 4 mata angin utama maka ke empat itu di bagi lagi keDalam ke 16 (enam belas) arah mata angin diatas terdapat juga anak-anaknya hingga menjadi 32 arah, yg didalam ilmu pelayaran di sebut 32 surat, 

Arah Mata Angin Di Dalam Dunia Pelayaran
Arah Mata Angin Di Dalam Dunia Pelayaran

Dimana satu tiap-tiap surat mempunyai sudut sebesar 11,25° (sebelas koma dua puluh lima derajat). Dasar dari arah mata anginlah maka pelayaran pelayaran terdahulu yang hanya menggunakan layar semakin hari di dalam ilmu pelayaran semakin maju dan berkembang.

penggunanaan arah mata angin telah menjadi dasar Penghitungan dan menjadi patokan dasar dalam berlayar, apalagi berlayar serabutan tanpa arah alias manual tanpa terdapat alat2 navigasi pelayaran seperti Global Positioning Sytem (GPS), Radar, dsb. Dimana tanpa mengetahui kedudukan dari mata arah angin maka kejadian yang tak di harapkan seorang pelaut yaitu teromb ang ambing tanpa arah di tengah samudera.

Adapun Arah mata angin tersebut antara lain :

- Pembagian Dari Arah Utara 

U: Utara = 000° (nol derajat)
UTL: Utara Timur Laut = 022.Lima° (22.5 derajat)
TL: Timur Laut = 045° (45 derajat)
TTL: Timur Timur Laut = 067.Lima° (67.5 derjat)

- Pembagian Dari Arah Timur

T: Timur = 090° (90 derajat)
TMG: Timur Menenggara = 112.5°
T: Tenggara = 135°
SMG: Selatan menenggara = 157.Lima°

- Pembagian Dari Arah Selatan

S: Selatan = 180°
SBD: Selatan Barat Daya = 202°
BD: Barat Daya = 225°
BBD: Barat Barat Daya = 247.Lima°

 - Pembagian Dari Arah Barat.

B: Barat = 270°
BBL: Barat Barat Laut = 292.Lima°
BL: Barat Laut = 315°
UBL: Utara Barat Laut = 337.Lima°

Semoga dengan kita mengetahui akan arah mata angin tersebut maka dalam bernavigasi atau dalam berlayar kita akan menjadi pelaut yang handal

Arah Mata Angin Di Dalam Dunia Pelayaran


Related Posts:

0 Response to " Arah Mata Angin Di Dalam Dunia Pelayaran "

Posting Komentar