Jenis Alat Penangkap Ikan menurut Permen 71

Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No 71 tahun 2016 telah di tanda tangani. Permen 71 tentang jalur penangkapan ikan dan penempatan Alat penangkapan ikan di WPP RI.


Pukat hela merupakan alat penangkapan ikan terbuat dari jaring berkantong yang dilengkapi dengan atau tanpa alat pembuka mulut jaring dan pengoperasiannya dengan cara dihela disisi atau di belakang kapal yang sedang melaju.




Berdasarkan pada Permen 71 tahun 2016. Jenis Alat ini dilarang beroperasi di semua WPP RI.

Tipe dan jenis pukat hela meliputi:

1 Pukat hela dasar (bottom trawl);2 Pukat hela dasar berpalang;3 Pukat hela dasar berpapan;4 Pukat hela dasar dua kapal;5 Pukat hela berpapan pertengahan (midwater trawl);6 Pukat hela dua kapal pertengahan (midwater pair trawl);7 Pukat hela ganda kembar berpapan (twin otter midwater trawl);8 Pukat hela samping (side trawl);9 Pukat hela buritan (stern trawl);10 Pukat hela ganda (double rig trawl).

Dengan keanekaragaman istilah dan definisi pukat hela yang berkembang di masyarakat nelayan, berdampak pada kesimpangsiuran penamaan atau penyebutan, sehingga diperlukan adanya standar istilah dan definisi pukat hela. Dalam rangka standardisasi konstruksi alat penangkap ikan penyusunan pukat hela sangat diperlukan pada tahap selanjutnya dalam penentuan unsur penilaian kesesuaian, yang terdiri dari standar bentuk baku konstruksi, standar bahan dan kelengkapan serta standar pengujian alat penangkap ikan.

2. Jaring insang ( Gill Net )

Jaring insang merupakan alat penangkap ikan berbentuk lembaran jaring empat persegi panjang, mempunyai mata jaring sama besar, untuk mengahadang arah renang ikan, sehingga ikan sasaran terjerat mata jaring atau terpuntal pada bagian tubuh jaring.

Jaring insang dasar terbuat dari bahan jaring ( webbing ) dan ukuran mata jaring ( mesh size ) dan Rasio penggantunga ( E ) yang ber variasi, Hal ini sesuai dengan sasaran ikan tangkapannya.
Jenis Jaring Insang  dari segi pengoperasian antara Lain :
- Jaring insang dasar.
- Jaring insang permukaan.
- Jaring insang pertengahan.

Jaring in sang dari segi bahan antara Latin ;
- Jaring monofilament.
- Jaring Multifilament.
- Jaring mono Multifilament / Jaring millennium.

3. Alat tangkap Pancing
Pancing adalah Alat tangkap yang terdiri kail / pancing dan sejumlah utas tali. Setiap pancing menggunakan umpan atau tidak.

Related Posts:

0 Response to "Jenis Alat Penangkap Ikan menurut Permen 71"

Post a Comment