Pelabuhan Perikanan Nusantara

PPN (Pelabuhan Perikanan Nusantara)
Pelabuhan Perikanan Nusantara
Setelah adanya Pelabuhan Perikanan Samudera maka pelabuhan yang mempunyai skala lebih kecil adalah Pelabuhan Perikanan Nusantara atau dikenal juga sebagai pelabuhan perikanan tipe B, atau kelas II. 
Pelabuhan Perikanan nusantara ini dirancang terutama untuk kapal perikanan berukuran 15-16 GT sekaligus. Jadi pada akhirnya kebanyakan yang bersandar di daerah pelabuhan perikanan nusantara adalah kapal kapal yang mempunyai ijin dari pemerintah daerah.
Pelabuhan Jenis ini hanya sedikit dan perlu di tambah kembali. karena armada menengah ke bawah lebih besar dari pada armada menengah ke atas.Untuk menjadi negara maritim, fisik pelabuhan khususnya pelabuhan perikanan nusantara harus ber standart Internasional. Perhatian pemerintah seharusnya juga lebih mengena kepada nelayan yang berskala menengah ke bawah

Pelabuhan ini juga melayani kapal perikanan yang beroperasi di perairan ZEE Indonesia dan perairan nasional. Jumlah ikan yang didaratkan sekitar 40-50 ton per hari atau 8.000- 15.000 ton per tahun.


Terdapat beberapa fasilitas-fasilitas dalam pelabuhan perikanan nusantara,
yaitu :
1.Pelindung
·      Breakwater panjang
·      Revetment panjang
·      Groin panjang

2.Tambat / labuh
·      Dermaga panjang
·      Jetty panjang

3. Perairan
·      Alur pelayaran panjang
·      Kolam pelabuhan luas

4. Penghubung

·       Jalan panjang
·       Jembatan panjang
·       Drainase terbuka panjang
·       Drainase tertutup panjang

5.         Pembatas lahan
·       Pagar keliling panjang

Walaupun di lapangan kondisi kondisi fasilitas pelabuhan perikanan nusantara banyak yang tidak ada dan dalam kondisi yang memperihatinkan.

Related Posts:

0 Response to " Pelabuhan Perikanan Nusantara "

Posting Komentar