Pengertian Webbing Jaring

webbing jaring
Webbing atau Bahan jaring merupakan lembaran jaring yang tersusun dari beberapa mata jaring yang merupakan bahan dasar untuk membuat berbagai alat Penangkapan ikan. seperti alat Penangkapan Ikan Jenis Gillnet, Trawl, Tramel Net, Purse seine atau Payang dan Cantrang.

Menurut Supardi Ardidja(2007 Webbing adalah gabungan sejumlah mata jaring yang di jurai baik dengan cara disimpul atau tanpa simpul, dibuat dengan menggunakan mesin atau tangan ,baik yang terbuat dari serat alami maupun serat buatan,juga merupakan komponen utama alat penangkap ikan.Ukuran webbing dinyatakan dengan panjang dalam satuan panjang dan kedalaman dalam satuan jumlah mata jaring.
Istilah yang umum digunakan untuk badan jaring adalah webbing. Umumnya jika benang jaring yang dibuat oleh pabrik Indonesia menggunakan nomor benang(60 s/d 2000) atau 210/d/6 maka panjang weebing adalah ± 90 meter atau 100 yard. Jumlah kedalaman mata jaring adalah 70 mata.

Untuk Pabrikan Webbing saat ini sudah banyak pabrikan pabrikan yang berada di indonesia. Nama nama perusahaan penyedia webbing atau bahan jaring antara lain :

- Indoneptune
-  Arida
- Naragong
- Namnyong
 dll.

Sedangkan Untuk pengukuran kekuatan tarik mata jaring maka bisa di uji cobakan di Balai Besar Penangkapan Ikan ( BBPI ) Semarang.

Demikian sedikit artikel tentang webbing Jaring.



Related Posts:

3 Responses to " Pengertian Webbing Jaring "

  1. Postinga yg sangat bagus, mengingatkan kembali waktu sekolah dulu ilmunya wis pada ilang
    syukurlah baca lagi disini makin okey bae

    BalasHapus
  2. MAKSIH INFONYA TENTANG PERUSAAHAAN JARING

    BalasHapus
  3. Makasih atas kunjungannya..silahkan share dan semoga bermanfaat

    BalasHapus