Kunjungan Dirjen Perikanan Tangkap Ke BBPI Semarang

Kunjungan Dirjen Perikanan Tangkap Ke BBPI Semarang - Pada tanggal 21 April 2017, BBPI Semarang Mengadakan Kegiatan Pertemuan seluruh petugas Cek Fisik Kapal dan Kegiatan tersebut di koordinir oleh Direktorat Kapal perikanan dan Alat Penangkapan Ikan. Dalam Kegiatan tersebut untuk Pembukaan acara langsung di pimpin oleh DIrektrur perikanan tangkap.

Direktur Jenderal Perikanan Tangkap, Sjarief Widjaja membuka acara dan sekaligus memberikan arahan kepada seluruh pegawai BBPI Semarang dan Seluruh peserta kegiatan petugas cek fisik kapal di Gedung utama lantai III BBPI Semarang Tidak kurang dari 200 pegawai memadati ruangan tersebut untuk mengikuti arahan dari Dirjen Perikanan Tangkap yang baru.

Seperti di jelaskan Beliau Bahwa Peranan BBPI Semarang di Kementrian kelautan dan perikanan sangatlah di harapkan sekali bahkan banyak harapan yang beliau sampaikan bahwa BBPI Semarang Harus menjadi pilar terdepan dalam membantu nelayan untuk lebih sejahtera. 

Ada beberapa Poin yang disampaikan diantaranya :

- BBPI Semarang hadir di setiap Pelabuhan Perikanan.

Untuk hal ini Beliau mengharapkan agar inovasi teknologi dan kerekayasaan yang telah di buat dan di kembangkan oleh BBPI Semarang tidak hanya terpajang dalam etalase Pameran Pameran dan Seminar. Bila perlu BBPI Semarang agar menjual produk teknologi dan inovasi nya dengan menggandeng Koperasi BBPI Semarang dan Pelabuhan Pelabuhan perikanan melalui kepala pelabuhan agar ikut mempromosikan tentang inovasi dan produk teknologi tersebut.

- Meningkatkan Peran Petugas Cek Fisik Kapal Perikanan.

Peningkatan Peran Petugas Cek Fisik Kapal Perikanan yang beliau harapkan adalah bahwa Petugas Cek Fisik Kapal Bisa mengerti dan Mengetahui Bahwa Kapal Perikanan yang lulus Cek Fisik Kapal Harus memenuhi 3 syarat Utama yaitu Laik Laut, Laik Tangkap dan Laik Simpan. 

- Membantu Nelayan dengan Program Bantuan Kapal Perikanan dan alat tangkap ikan.

Ketika stok ikan sudah berlimpah, dibutuhkan armada penangkapan ikan yang mumpuni. Bantuan sarana penangkapan ikan harus tepat sasaran dan sesuai dengan lokasi perairan penerima bantuan. Kapal bantuan dapat digunakan secara optimal oleh nelayan sehingga hasilnya dapat untuk membeli kapal kembali.

- Menginginkan agar di setiap Pelabuhan perikanan terdapat syahbandar Perikanan.

- Merealisasikan Bengkel Nelayan.

Di harapkan Bengkel nelayan ini bisa melayani nelayan nelayan yang ingin memperbaiki dan membeli peralatan serta sparepart mesin agar lebih mudah dan murah. Beliau juga mengingkan kedepannya bengkel nelayan mempunyai standart pelayanan yang tinggi dengan meniru bengkel bengkel swasta yang maju seperti AHASS

- Revitaslisai Perairan Umum Daratan.

Revitalisasi perairan umum daratan juga akan diperbaiki kualitasnya dengan melakukan penebaran benih yang unggul. Harapannya, sungai, waduk, danau dan perairan umum daratan lainnya dapat dijadikan area tangkapan ikan dan tidak hanya menjadi area budidaya.

Harapan harapan Direktur jendral perikanan tangkap untuk memajukan nelayan patut untuk diapresiasi dan di dukung. Mengingat banyak pula terobosan terobosan pemikiran dari beliau yang sangat penting dan berguna untuk kemajuan perikanan tangkap dan kesejahteraan nelayan pada khusunya. Dan BBPI semarang Sebagai Unit Pelaksana Teknis ( UPT ) dari Dirjen tangkap akan selalu berusaha untuk terus berkarya dan  membantu apa yanmg sudah menjadi misi dan visi dari dirjen perikanan tangkap.





Related Posts:

1 Response to "Kunjungan Dirjen Perikanan Tangkap Ke BBPI Semarang"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete