Alat - Alat Navigasi Elektronik (Modern)

Alat - Alat Navigasi Elektronik (Modern) -Selain alat - alat navigasi konvensional, pada usaha penangkapan ikan saat ini juga banyak digunakan alat - alat navigasi modern. Alat Navigasi ini mempunyai fungsi untuk memudahkan pada usaha penangkapan ikan.

Bahkan saat ini untuk menjual ikan sudah ada aflikasi yang terknoneksi dengan internet untuk memudahkan nelayan dalam mencari dan menjual ikan. Kemajuan zaman inilah yang di harapkan agar para nelayan indonesia bisa lebih sejahtera.

Berikut alat - alat navigasi elektronik yang digunakan pada usaha penangkapan ikan :


Alat - Alat Navigasi Elektronik (Modern)

Alat - Alat Navigasi Elektronik (Modern) 

Radar (Radio detection and range) 
Radar berfungsi untuk pendeteksi jarak dan haluan. Radar Juga bisa di gunakan untuk memplot posisi kapal dan posisi kapal lainnya.

Radio Direction Finding (RDF) 
RDF berfungsi untuk mengetahuai posisi pelampung tanda. Dan biasanya RDF di pasang pada alat tangkap long line dan Jaring Gillnet.

Global Positioning System (GPS) 

GPS berfungsi untuk mengetahui posisi, kecepatan trek pelayaran, haluan kapal. Alat ini terbilang sudah mulai berevolusi karena GPS juga bisa di gunakan sebagai multi fungsi.

Saat Ini mulai berkembang alat pendeteksi Ikan di android atau yang di sebutv GPS ikan android. Dan alat tersebut lebih mudah untuk di gunakan serta lebih murah. Karena nelayan tidak membeli GPS tetapi bisa mendapatkannya dengan mendownlod Lewat Hp android.

Echo Sounder 

Echo Sounder berfungsi untuk mengetahuai kedalaman perairan. Jenis alat navigasi ini juga sudah mulai berkembang. Kalau dahulu jenis echo sounder terpisah menjadi alat navigasi elektronik sendiri, saat ini echo sounder juga bisa di gabungkan dengan GPS Ikan Android.

Kemajuan teknologi menjadi pekerjaan lebih effisien dan efekntif sehingga nelayan bisa menggukan alat alat navigasi modern tersebut.

Sonar (Sound and range) 

Sonar (Sound and range) berfungsi sama dengan fish finder tetapi jangkauanya lebih luas.

Gyro Compas 

Gyro Compas berfungsi untuk mengetahui posisi sejati kapal.

ARPA (Automatic Radar Plotting Aid) 

ARPA (Automatic Radar Plotting Aid) merupakan radar otomatis yang berfungsi untuk plot posisi kapal.

GMDSS (Global Marine Distress Safety System) sebuah kesepakatan internasional berlandaskan beberapa prosedur keselamatan, jenis peralatan dan protokol komunikasi yang digunakan untuk meningkatkan keselamatan dan mempermudah pertolongan bagi kapal dan pesawat terbang yang mengalami bencana.

Demikian artikel tentang Alat - Alat Navigasi Elektronik (Modern) Pada Kapal Perikanan bisa bermanfaat bagi insan perikanan

close
Alat - Alat Navigasi Elektronik (Modern) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nina aysiana runny

1 komentar: