Serat Alami Hewani

Ulat Sutera dan Proses Pemintalan
Bahan Alat Penangkap Ikan Dari Serat Alami Hewani - Serat hewani (Animalfiber) umumnya sebagian besar  terdiri  dari  protein, yang  secara   langsung dapat digunakan adalah sutra (silk), bulu (hair/fur) atau dikenal dengan nama wool. Serat hewani yang umum diggunakan adalah yang berasal dari bulu.

1. Serat sutra

Serat Sutra adalah sarat alami hewani yang di dapatkan dari binatang ulat. Dan karena berasal dari ulat bernama sutra maka benang atau seratnya di namakan serat sutra. Jenis Serat sutra adalah salah satu bahanb alat penangkap ikan dari serat alami hewani yang mungkin jarang di gunakan untuk kepentingan menangkap ikan. Mengingat mahalnya harga dari serat alami dari serat sutra.

Untuk karakteristik jenis serat sutra adalah salah satu serat alami hewani yang terkuat di dunia, bahkan kekuatannnya melebih baja dan besi apabila dengan tebal yang sama. Untuk kadar kekuatannya, Serat sutra apabila Dalam keadaan kering kekuatan serat sutera 4 – 4.5 g/denier dengan mulur 20 – 25 % dan sedangkan serat sutra dalam keadaan basah kekuatannya 3.5 – 4.0 g/denier dengan mulur 25 – 30 %. Serat sutera dapat kembali kepanjang semula setelah mulur 4%, tetapi kalau mulurnya lebih dari 4 % pemulihannya lambat dan tidak kembali kepanjang semula.
kandungan Moiture regain pada serat sutera mentah 11%, namun setelah dihilangkan atau di kurangi serisinnya menjadi 10%. Sifat khusus dari sutera adalah bunyi gemerisik (scroop) yang timbul apabila serat saling bergeseran. Berat jenis sutera mentah 1.33 dan sutera yang telah dihilangkan serisinnya 1.25 g/mL

Baca juga Serat Buatan

2. Serat wol.

Serat alami hewani yang lkain adalah serat wol. Serat wol ini cukup murah di banding kan dengan serat sutra. karena jenis serat alami hewani ini di dapat dari rambut hewan terutama domba dan kambing. 

Untuk jenis serat alami hewani Serat wol, serat ini tumbuh dari kulit domba dan merupakan serat yang relatif kasar dan berkerut dengan sisik pada permukaannya. kelebihannya murah dan Serat wol terdiri dari protein. Tampilan serat bervariasi tergantung pada jenis domba. Serat yang lebih halus, lebih lembut dan lebih hangat cenderung memiliki lebih banyak sisik dan lebih halus. Serat yang lebih tebal dan kurang hangat memiliki lebih sedikit sisik dan kasar. Biasanya, serat wol yang lebih baik dengan sisik yang lebih halus tampak kusam daripada kualitas serat berkualitas buruk yang memiliki lebih sedikit sisik.

Karakteristik
Tampak berkerut
Elastis
Higroskopis, mudah menyerap kelembaban
Menyatu pada suhu lebih tinggi daripada kapas
Tingkat penyebaran api, pelepasan panas dan panas pembakaran lebih rendah
Tahan terhadap listrik statis

Berbeda dengan serat Buatan


Sumber : Materi Bahan Alat Tangkap Ikan, Yusrizal

 Artikel terkait Bahan Alat Penangkap Ikan Dari Serat Alami Mineral


Semoga Bermanfaat...

close
Serat Alami Hewani Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nina aysiana runny

0 komentar:

Post a Comment