NAVIGASI GPS UNTUK KAPAL PERIKANAN

Selama ini nelayan kita untuk menentukan daerah penangkapan ikan masih menggunakan cara cara traditional. Mereka hanya mengandalkan insting dan navigasi alam yang berdasarkan pada posisi bintang dan lamanya jarak tempuh. 

Padahal pada era teknologi Semarang , nelayan bisa terbantukan dengan menggunakan GPS ( Global Position System ). GPS termasuk juga dalam Alat Bantu Penangkapan Ikan.

GPS ini dapat membantu menentukan posisi lintang dan bujur diatas permukaan bumi secara tepat.  Dalam perikanan tangkap dapat digunakan untuk mencari posisi pemasangan alat tangkap, menandai posisi dasar perairan yang merusak alat penangkap ikan tertentu, memonitor pergerakan alat penangkap ikan yang dihanyutkan, menandai daerah penangkapan ikan yang berpotensi untuk penangkapan hari berikutnya. 

GPS adalah salah satu alat navigasi yang menggunakan system citra satelit. GPS dapat memberikan ketepatan waktu dan tempat secara detail dan terperinci.

Dalam pengelolaan sumberdaya perikanan dimanfaatkan untuk pengawasan kapal ikan, migrasi ikan, pemetaan potensi SDI, dll-nya. Tetapi dalam pelayaran fungsi dari GPS pada umumnya mempunyai Fungsi sebagai Berikut :

Navigasi GPS Untuk Kapal Perikanan

NAVIGASI GPS UNTUK KAPAL PERIKANAN
NELAYAN GUNAKAN GPS

1. Posisi koordinat kapal.

Kapal perikanan walaupun rata rata masih kecil tetapi pemanfaatan GPS ada yang sebagian sudah menggunakannya. Dan penggunaannya kadang di gunakan dalam menentukan posisi lintang dan bujur suatu kapal.

2. Haluan Kapal.

Haluan kapal sangat mutlak untuk di lakukan oleh kapal perikanan. Karena sifat dari kapal perikanan yang mencari daerah penangkapan ikan atau fishing ground maka haluan bisa di gunakan untuk menghemat waktu dan bahan bakar kapal perikanan.

3. Kecepatan ( Speed ).

Selain Haluan, penggunaan GPS juga untuk mengetahui kecepatan kapal. Kapal perikanan yang senantiasa mengejar gerombolan ikan dan fishing ground maka kecepatan menjadi hal Yang perlu agar buruan atau tangkapan ikan tidak bubar atau melarikan diri sebelum akan di tangkap.

4. Waktu ( time )

Waktu juga sangat penting mengingat penggunaan bahan bakar harus selalu di kontrol dan di catat agar kejadian kehabisan bahan bakar di tengah laut tidaklah terjadi.

Begitu pentingnya GPS maka perlu di adakan sosialisasi dan pengenalan penggunaan GPS lebih mendalam agar nelayan Indonesia bisa lebih sedikit maju.

Belum ada Komentar untuk "NAVIGASI GPS UNTUK KAPAL PERIKANAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close