Menteri Susi Ancam Mundur

Sebelumnya, Susi mengancam mundur jika kebijakan penerapan kuota penangkapan ikan tidak dapat direalisasikan. Menurutnya, pembatasan pengambilan ikan dengan kuota ini akan menghapus kebiasaan penangkapan ikan yang bebas seperti yang terjadi saat ini.

Selanjutnya, Susi juga mengancam mengundurkan diri jika penggunaan alat penangkap ikan (API) pukat hela (trawl) dilegalkan dan lebih hebatnya lagi susi juga mengancam mundur apabila penangkapan ikan di buka untuk asing.


Langkah langkah bu susi yang selama ini kita kenal dengan srikandi indonesia sangatlah pantas di sematkan untuknya. Bu susi sadar betul bahwa kelautan dan perikanab adalah sektor yang bisa mendatangkan devisa bagi bngsa indonesia. Apabila perikanan di kelola dengan baik bukan tidak mungkin nelayan akan sejahtera dan negara akan mendapatkan keuntungan dari itu.
Tugas berat untuk bu susi sangat jelas di depan mata. Salah satu pekerjaan rumah yang masih berlangsung dan sangat sangat jelas menimbulkan kerugian bagi negara adalah prakter penurunan groos ton kapal perikanan. Dengan semakin rendahnya gross ton kapal perikanan maka proses ijin penangkapan bisa di permainkan. Dan kerugian dari praktek mark down kapal perikanan sangatlah besar. Yang anehnya lagi praktek ini telah berjalan selama bertahun tahun.

Solusi untuk mereformasi tata kelola praktek mark down ini haruslah di mulai dari hulu. Dari mulai pemberian gross akte atau surat lahir untuk kapal baru. Istilah awam nya seperti data awal kapal yang baru lahir. Apabila data pertama sudah ada permainan maka bukan tidak mungkin selanjutnya akan terus berlangsung praktek mark down kapal perikanan ini.

Langkah ini sudah mulai di lakukan oleh kementrian kelautan dan perikanan di daerah pelabuhan benoa bali dan di pelabuhan bajomulyo juana, Pati. Di benoa bali sendiri di identifikasi bahwa kapal kapal eks asing masih digunakan dengan modus melapisi bagian lambung kapal yang dari besi di lapisi oleh kayu selanjutnya dilapisi dengan menggunakan fiber glass. Praktek ini mengelabuhi bahwa kapal tersebut adalah kapal lokal bukan kapal eks asing.

Sedangkan di bajo mulyo terindikasi bahwa masih banyak juga praktek mark down untuk mempermudah ijin dan mengurangi biaya ijin.
Tetap semangat buat bu menteri. Sekali layar berkembang pantang surut di turunkan. Basmi pelaku illegal fishing, tenggelamkan kapal asing, perbaiki sumber daya ikan, cek ulang praktek mark down kapal perikanan.

Related Posts:

0 Response to " Menteri Susi Ancam Mundur "

Posting Komentar