Perikanan umum kabupaten Brebes



Kota Brebes terletak di wilayah pesisir Utara dan bagian barat Provinsi Jawa Tengah, dengan koordinat 108° 41'37,7" - 109° 11'28,92" Bujur Timur dan 6° 44'56,5" - 7° 20'51,48”Lintang Selatan dan berbatasan langsung dengan wilayah Provinsi Jawa Barat.Wilayah pesisir pantai Kota Brebes mempunyai panjang pantai sebesar ± 72,93 KM yang meliputi 14 desa di 5 kecamatan.
Batas-batas wilayah Kota Brebes sebagai berikut :
Sebelah Utara       :  Laut Jawa
Sebelah Timur       :  Kota Tegal dan Kota Tegal
Sebelah Selatan    : Kota Banyumas dan Kota Cilacap
Sebelah Barat        : Propinsi Jawa Barat (Wilayah Cirebon).
Pembagian zonasi pantai terdiri dari pengembangan konservasi tanaman bakau (mangrove) yang dapat berfungsi untuk pemulihan daya dukung lingkungan pada bagian barat dengan batas Losari (Prapag Kidul dan Prapag Lor), Teluk Bangsri sampai dengan sekitar muara sungai Nippon (Desa Sawojajar dan Kaliwlingi), sedangkan wilayah pantai bagian timur mulai sebelah timur sungai Kamal sampai dengan Pantai Randusanga Kulon dikembangkan menjadi Kawasan Pelabuhan Antar pulau maupun Kawasan Pariwisata Pantai.
Kondisi perairan pantai bagian barat relatif dangkal, untuk kedalaman laut 5 meter berjarak lebih kurang 1,5 mil dari garis pantai, sedang di perairan bagian timur, kedalaman laut mencapai 5 meter, berjarak lebih kurang dari 1 mil. Pada perairan lepas pantai kedalaman laut cenderung landai dengan pola garis kontur tidak lagi mengikuti bentuk garis pantainya.
Usaha perikanan laut di Kota Brebes, terpusat pada wilayah Kecamatan Bulakamba, Losari, Tanjung, Wanasari dan Brebes.Berdasarkan tabel 13, jumlah nelayan pemilik dan anak buah kapal (ABK) di sekitar tempat pelelangan ikan (TPI) terbanyak berada di Prapag Kidul yaitu 952 orang dan 3.557 orang

Related Posts:

1 Response to " Perikanan umum kabupaten Brebes "

  1. wanasari brebes ada sentra perikanan tidak yah???

    BalasHapus