Kapal Feri : Ro - Ro

Ro-ro adalah singkatan untuk Roll-on/roll-off. Roll-on/roll-off kapal adalah kapal yang digunakan untuk membawa kargo roda. Kapal ro-ro berbeda dari lo-lo (lift on-lift off) kapal yang menggunakan crane untuk memuat kargo. Kendaraan di kapal dimuat dan dibongkar melalui built-in landai. Biasanya ini dibuat landai menuju (belakang) buritan kapal. Dalam beberapa kapal, mereka juga ditemukan di sisi busur (depan) serta sisi. Kapal dapat dari kedua jenis militer dan sipil.

Kapal ro-ro sedang dibangun pada abad ke-19 untuk transportasi kereta api, terlalu lebar untuk jembatan, di seberang sungai. Contoh dari kapal ro-ro adalah Firth of Forth feri yang mulai beroperasi pada tahun 1851. Rel diletakkan di kapal sehingga bisa dihubungkan dengan yang di darat. kereta A kemudian akan bergulinglah ke kapal dan kemudian gulingkan turun di ujung lainnya.
Kapal Feri Ro - Ro



Ada berbagai jenis kapal ro-ro, seperti kapal feri, kapal feri kapal pesiar, kapal kargo, dan tongkang. Kapal ro-ro yang khusus digunakan untuk mengangkut mobil dan truk di lautan yang dikenal sebagai Murni Car Carriers (PCC) dan Murni Truk & Mobil Carriers (PCTC) masing-masing. Tidak seperti kargo lainnya yang diukur dalam metrik ton, kargo ro-ro diukur dalam unit yang disebut jalur dalam meter (LIMs). LIM dihitung dengan mengalikan panjang kargo di meter dengan jumlah deck dan dengan lebar dalam jalur. Lebar lajur akan berbeda dari kapal ke kapal dan ada sejumlah standar industri.

Feri penumpang terbesar ro-ro adalah MS Color Magic. Beratnya 75.100 GT (Gross Ton). Memasuki layanan pada September 2007 untuk Color Line. Dibangun di Finlandia oleh Aker Finnyards. feri adalah 223,70 m panjang, lebar 35 m dan bisa membawa 550 mobil serta 1.270 meter jalur kargo.

Feri penumpang ro-ro dengan kapasitas mobil pembawa terbesar adalah Ulysses. feri ini dinamakan sebuah novel oleh James Joyce dan dimiliki oleh Kapal Irlandia. Masuk layanan pada tanggal 25 Maret 2001 dan beroperasi antara Dublin dan Holyhead. Beratnya 50.938 GT dan 209,02 m panjang dan lebar 31,84 m. Hal ini dapat membawa mobil 1342 dan 4101 meter jalur kargo.
Keuntungan dari sebuah kapal ro-ro

Sebuah kapal ro-ro menawarkan sejumlah keunggulan dibandingkan dengan kapal tradisional. Beberapa keuntungan adalah sebagai berikut:

Untuk pengirim, keuntungan adalah kecepatan. Sejak mobil dan truk dapat mendorong langsung ke kapal di satu port dan kemudian mengusir di pelabuhan lainnya dalam beberapa menit dari docking kapal, menghemat banyak waktu shipper.
Hal ini juga dapat berintegrasi dengan baik dengan pembangunan transportasi lainnya, seperti kontainer. Penggunaan unit Bea-disegel telah memungkinkan perbatasan harus menyeberang dengan minimum penundaan. Oleh karena itu, meningkatkan kecepatan dan efisiensi untuk pengirim.
Kapal ini juga telah terbukti sangat populer dengan para pembuat liburan dan pemilik mobil pribadi. Ini telah memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan pariwisata. Seseorang dapat mengambil mobilnya dari satu negara ke negara lain melalui laut dengan bantuan kapal ro-ro.

Variasi tertentu dari sebuah kapal ro-ro adalah sebagai berikut:

1. ROPAX
ROPAX adalah singkatan roll on / roll off penumpang. Ini adalah kapal ro-ro yang dibangun untuk pengangkutan barang kendaraan dengan akomodasi penumpang. Kapal dengan fasilitas untuk lebih dari 500 penumpang yang sering disebut sebagai pelayaran kapal feri.

2. ConRO
Kapal ConRo adalah hibrida antara ro-ro dan kapal kontainer. Jenis kapal menggunakan area di bawah geladak untuk penyimpanan sementara kendaraan angkutan kemas menumpuk di atas geladak.

3. RoLo
RoLo adalah singkatan roll-on lift-off kapal. Ini juga merupakan jenis kapal hibrida dengan landai melayani deck geladak kendaraan namun kargo lainnya hanya bisa diakses oleh crane

Semoga Bermanfaat...

Related Posts:

0 Response to " Kapal Feri : Ro - Ro "

Posting Komentar