Analisa SWOT

Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (Strengths), kelemahan (Weaknesses), peluang (Opportunities), dan ancaman (Threats) dalam suatu proyek atau spekulasi bisnis. Didalam Dunia bisnis Perikanan analisa  swot ini akan mempunyai banyak peluang, kelemahan dan ancaman, walaupun secara kekuatan bisnis perikanan belum termaksimalkan.

Analisa SWOT didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (strengths) dan peluang (opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (weakness) dan ancaman (threats).


Ketika Analisa Swot ini di padukan dalam untuk memperbaiki atau merubah tentang perikanan dan kelautan maka akan sejalan dengan visi misi kementrian kelautan dan perikanan.


Sebuah kementrian kelautan dan perikanan ini telah berkembang cukup pesat sehingga menjadi salah satu kementrian yang penting di indonesia. harapannya agar sektor perikanan dan kelautan menjadi  terbesar dalam skala Internasional.


Hampir selama setengah beberapa tahun kelautan dan perikanan begitu berupaya untuk menguasai  pasar produk perikanan di pasar dunia meskipun tidak luput dari pasang surut yang berhasil dilalui selama perjalanannya.

Untuk mengetahui bagaimana kementrian kelautan dan perikanan ini dapat tetap berdiri tegak serta tentang berbagai hal yang pernah dialami , maka berikut ini adalah contoh analisis SWOT yang kita dapatkan.

Seperti Contoh analisa SWOT pada Kelautan dan Perikanan Indonesia maka biasa kita uji dan analisa dengan SWOT antara Lain :

Analisa SWOT kelautan Dan Perikanan 

Analisa SWOT

STRENGTH


Adalah kekuatan yang dijadikan modal dasar KKP dalam mengembangkan kementriannya dan bentuk kekuatan untuk mampu bersaing di pasar Internasional.

Kualitas. Produk yang dihasilkan oleh yang di hasilkan perikanan dan kelautan kita memiliki standart International sehingga cukup dipercaya oleh masyarakat internasional.

Kuantitas. Dengan memiliki luas laut yang besar dan garis pantai yang panjang maka produksi yang dihasilkan sangat maksimal. Sumber daya Ikan yang melimpah


Pelabuhan. Telah tersebar bahkan hingga ke pelosok untuk memudahkan Nelayan menjangkaunya.

Branch Mark. Produk perikanan dan kelautan  telah menjadi legenda bagi masyarakat Indonesia dan bisa menjadi produk andalan luar negeri.


Prestasi. Telah banyak penghargaan yang disabet oleh KKP sebagai bukti bahwa ini adalah kementrian  yang sudah ternama dan cukup banyak memiliki Kerjasama dengan negara luar.

Faktor dalam Analisa SWOT
  1. Faktor Internal : Kekuatan (Strengths) dan Kelemahan (Weaknesses).
  2. Faktor Eksternal : Peluang (Opportunities) dan Ancaman (Threats).
Strategi Dalam Analisa SWOT
  1. SO (strenght-opportunities), yaitu menggunakan kekuatan internal yang dimiliki untuk mengambil peluang-peluang yang ada 
  2. ST (strenght-threats), yaitu berusaha menghindari atau mengurangi dampak dari ancaman-ancaman dengan menggunakan kekuatan yang dimiliki 
  3. WO (weakness-opportunities), yaitu bertujuan untuk memperkecil kelemahan-kelemahan internal yang ada dengan memanfaatkan peluang-peluang eksternal 
  4. WT (weakness-threats), yaitu berusaha bertahan dengan cara mengurangi kelemahan internal serta menghindari ancaman.
Kerangka Kerja Analisa SWOT
  1. Analisa dan pembuatan matriks IFE (Internal Factor Evaluation)
  2. Analisa dan pembuatan matriks EFE (External Factor Evaluation)
  3. Pembuatan matriks SWOT
  4. Pembuatan tabel rangking alternatif strategi
Tabel SWOT












Fungsi Analisi SWOT

Metode atau teknik analisis SWOT bisa dianggap sebagai metode analisis yang paling dasar, yang bermanfaat untuk melihat suatu topik ataupun suatu permasalahan dari 4 empat sisi yang berbeda. 

Hasil dari analisa biasanya berupa arahan ataupun rekomendasi untuk mempertahankan kekuatan dan untuk menambah keuntungan dari segi peluang yang ada, sambil mengurangi kekurangan dan juga menghindari ancaman. 

Jika digunakan atau dimanfaatkan dengan baik dan benar, analisis SWOT ini akan membantu untuk melihat sisi-sisi yang mungkin di tinggalkan atau terlupakan serta tidak terlihat selama ini. 

Dari pembahasan dan pengertian analisis Swot diatas tadi, analisis SWOT adalah merupakan instrumen atau peralatan yang bermanfaat dalam melakukan analisis strategi. Baik strategi pemasaran maupun strategi manajemen. 

Analisis Swot ini berperan dan berfungsi sebagai alat atau media untuk meminimalisasi kelemahan dan kekurangan yang terdapat atau ada di dalam suatu perusahaan atau organisasi seperti organisasi kementrian kelautan dan perikanan serta menekan imbas dan dampak ancaman serta kerugian yang timbul dan harus dihadapi.

Semoga Bermanfaat...




close
Analisa SWOT Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nina aysiana runny

0 komentar:

Post a Comment