RANCANG BANGUN PALKA IKAN BERINSULASI DI MALUKU

Propinsi Maluku memiliki potensi perikanan tuna yang merupakan salah satu basis penangkapan ikan tuna di Indonesia.Berdasarkan estimasi memperlihatkan bahwa potensi ikan tuna di perairan Laut Banda sebesar 21.026 ton/thn, di perairan Laut Maluku sebesar 18.827 ton/thn, dan  di perairan Laut Arafura sebesar 8.954 ton/thn (web,2012).Penangkapan ikan tuna di Maluku didominasi oleh nelayan skala kecil.

Nelayan tersebut menggunakan alat tangkap pancing tonda dan pancing ulur,perahu yang digerakkan olehmotor temple,styrofoam box sebagai tempat penyimpanan ikan hasil tangkapan, danes curah sebagai media pendingin.

RANCANG BANGUN PALKA IKAN BERINSULASI DI MALUKU

Upaya mempertahankan mutu ikan hasil tangkapan dilakukan dengan caramenurunkan temperatur ikan secepat mungkin dan menjaga temperatur tersebut tetap rendah, dimulai sejak ikan tertangkap hingga berada ditangan konsumen. Upaya ini disebut dengan penanganan ikan sistem rantai dingin. Salah satu unsur penting dalam sistem rantai dingin menggunakan es adalah kualitas tempat penyimpanan ikan (Adawyah,2008; Hadiwiyanto,1993; Ilyas,1988; Junianto,2003; Murniyati,2000).

Palka ikan berinsulasi merupakan salah satu tempat penyimpanan ikan hasil tangkapan yang terpasang pada kapal, dimana bagian dinding dicor dengan polyurethanefoam yang berfungsi sebagai insulator (Hadiwiyoto,1993; Mulyanto,2002; Setiyanto,2004). 

 Salah satu arah kebijakan pembangunan perikanan tangkap dalam RPJM III 2015-2019 adalah peningkatan daya saing produk perikanan.Langkah untuk mencapai hal tersebut dilakukanmelalui perbaikan kualitas kapal dan sarana penanganan ikan diatas kapal.Perbaikan kualitas kapal dan sarana penangan ikan diatas kapal dapat diwujudkan dengan penerapan teknologi palka ikan berinsulasi.

Agar teknologi palka ikan berinsulasi dapat diterapkan pada perahu motor tempel, khususnya untuk nelayan penangkap ikan tuna di Maluku maka diperlukan beberapa penyesuaian-penyesuaian baik dari segi konstruksi palka maupun dari campuran larutan polyurethane. 

Berdasarkan hal tersebut, Balai Besar Penangkapan Ikan (BBPI) melaksanakan kegiatan rancang bangun palka ikan berinsulasi pada perahu motor nelayan penangkapan ikan tuna di Maluku.

 Tujuan membuat palka ikan berinsulasi yang sesuai pada perahu motor nelayan penangkapan ikan tuna di Maluku serta kemampuan palka ikan berinsulasi tersebut dalam menurunkan suhu ikan tuna agar memenuhi persyaratan mutu bahan baku ikan tuna loin segar selama operasi penangkapan berlangsung.

close
RANCANG BANGUN PALKA IKAN BERINSULASI DI MALUKU Rating: 4.5 Diposkan Oleh: zavirraa khan

0 komentar:

Post a Comment