TUNTUTAN HIDUP SEORANG NELAYAN

tuntutan hidup Seorang Nelayan
Tuntutan dunia.....
Tatkala saya hidup seorang diri, tuntutan duniawiku hanyalah sekedar saya bisa makan sederhana, ngopi dan udud..... hanya itu saja, tidaklah meminta apa apa lagi, dikarenakan terbatasnya kebutuhan dan tidak memiliki keinginan macam macam......

Tatkala ada orang tua yang mesti saya biayai, maka tuntutan saya bertambah, yaitu agar mencukupi untuk membiayai orang tua saya......

Tuntutan Hidup Seorang Nelayan

Tuntutan Hidup Seorang Nelayan
Tatkala saya memiliki keluarga, anak istri, maka tuntutan saya bertambah agar mencukupi untuk membiayai anak istri......

Tatkala ada bergaul di desa, maka tuntutan saya bertambah lagi, yaitu agar bisa mencukupi memajukan desa......memakmurkan masjid dan madrasah,,memperhatikan para orang jompo dan para anak yatim.

Tuntutan duniawi saya sangat banyak kepada Allah, namun hal yang tidak pernah berubah adalah tuntutan untuk diri pribadi saya, sampai mati juga sama saja, yaitu cukup asal bisa makan sederhana, ngopi, udud..... tetap itu itu saja..... adapun tuntutan2 yang lain hanyalah menuntutkan untuk orang2 saja......

Hidup banyak tuntutan, namun menuntutkan untuk kepentingan yang lebih luas...... untuk diri pribadi, tuntutannya tetap sama saja....

Nelayan Yang berdikari dan mandiri adalah salah satu nelayan yang mampu memenuhi tuntutan keluarga , istri dan anak.

Kesejahteraan Nelayan harus mampu di tegakkan oleh nelayan sendiri. Nelayan harus pandai dalam mengelola apa yang harus di manfaatkan, Kekayaan laut yang begitu banyak seharusnya mampu mengubah alur perjalanan hidup nelayan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close