TUTORIAL TALI TEMALI

TALI MINERAL - Tali jenis ini bahan dasar nyater buat dari benang / kabel kawat. Ada beberapa jenis mineral yang digunakan sebagai bahan pembuatan kabel kawat tersebut misalnya :besi, kuningan, tembaga. Yang banyak digunakan diatas kapal tali kawat dan tali kawat baja. 

Kelemahan dari tali kawat ini ialah mudah tertombol (kink) dan sukar dikembalikan/diluruskan.Daya renggangnya (elastisitas) kecil sehingga mudah putus apabila mendapat sentakan-sentakan dan sangat licin.Pelayanannya agak sulit, akan tetapi lebih tahan lama dan kekuatannya dapat dipercaya.

Tali kabel kawat ini tersusun dari benang-benang pejal dan jumlah benang untuk tiap-tiap strand berkisar antara 19 – 61 benang. Tali kawat baja terdiri dari 6 strand dan ditengahnya teras (hati) sebagai pengisi rongga dan mencegah gesekan diantara strand serta mencegah kerusakan bagian dalam.Teras dari kawat baja untuk tali-tali pintalan silang digunakan dikapal sebagai tali-tali tegak (laberang) karena lebih kuat dan kaku. 

TUTORIAL TALI TEMALI

TUTORIAL TALI TEMALI
TUTORIAL TALI TEMALI

Sedangkan teras dari serat yang bermutu rendah, jika di kehendaki tali kawat yang lebih lemas, sebagai tali jalan, pada teras ini diberikan pelumas, sehingga dapat memberikan pelumasan bagian dalam strand mencegah karat.

Jenis tali ini dapat dipintal dengan pintalan sama/memanjang (Longlay) maupun pintalan silang (Crosslay) sesuai dengan kebutuhan. Jika dikehendaki tali kawat baja yang lemas sebagai tali jalan misalnya maka benangnya harus kecil (halus) dipintal memanjang dan teras nya dari serat.

Dalam kapal perikanan, wire rope sering di gunakan dalam menarik trawl atau jala.

Jenis Wire rope berdasarkan Jenis Susunan Wire Rope

Pembahasan kedua adalah Jenis Wire rope berdasarkan Jenis susunan wire. Wire rope Jenis susunan wirenya dapat dibedakan menjadi 2, yaitu :

1. Cross Lay : Standard

Aplikasi wire rope ini digunakan pada saat Towing dan Mooring, dimana dibutuhkan kekuatan terhadap gentakan dan kelemahan dari wire ini adalah cenderung kurang lentur

2. Parallel Lay :Kombinasi Besar dan Kecil

Aplikasi wire rope ini digunakan pada saat Logging, Lifting, Rigging dan Gondola, dimana dibutuhkan kelenturan wire rope agar dapat mengatasi seringnya penekukan terhadap wire rope pada saat penggunaan di aplikasi ini.

Belum ada Komentar untuk "TUTORIAL TALI TEMALI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close