Manfaat Ikan Tuna Untuk Kesehatan

MANFAAT IKAN TUNA UNTUK KESEHATAN - Ikan tuna adalah ikan pelagis yg hidup di bahari yang memiliki nama latih thunnus sp. Ikan tuna mempunyai kandungan protein yg tinggi & rendah lemak.  Kelompok ikan tuna mempunyai daging yg banyak buat ikan normal bagan yang dapat dimakan berkisar 45-50% sedangkan ikan tuna dapat dimakan antara 50-60% menurut total berat badannya. Ikan tuna banyak mengandung zat protein antara 22,6 - 26,2 g/100g daging.  Untuk Kandungan Lemak antara 0,dua-2,7 g/100 g daging.  Disamping proten dan lemak itu,  ikan tuna juga mengandung mineral kalsium, fosfor, besi dan sodium, vitamin A9retinol) & vitamin b (thiamin, riboflavin dan niasin).


Mantap , 13 Manfaat Ikan Tuna Bagi Kesehatan
Ikan tuna
Ikan Tuna yang berada hidup di laut dalam merupakan adalah sumber nutrisi yg baik bagi tubuh manusia. Dan Ikan Tuna Laut Dalam Juga Mempunyai Harga yang lumayan Mahal. Jenis Ikan Tuna yang di laut dalam seperti Ikan Tuna Mata Besar atau Big Eye. 

Dimana di dalam tubuh ikan tersebut mempunyai Daging ikan yang kaya akan protein & nutrisi krusial lain misalnya mineral selenium, magnesium, dan potasium, vitamin B kompleks dan omega-3. 

Berikut ini sejumlah manfaat ikan tuna bagi kesehatan :

1. Kesehatan Jantung

Ikan tuna banyak mengandung Omega 3, dengan menggunakan omega-3nya yang tinggi sangat berguna buat menjaga fungsi jantung. 

omega 3 akan menekan terjadinya pembekuan darah dalam pembuluh darah serta omega 3 dapat menjaga ritme detak dalam jantung dimana kandungan Omega-3 menaikkan jenis kolesterol baik pada tubuh atau rasio konsentrasi HDL   

Sangat baik apabila di konsumsi secara teratur setiap hari maka resiko serangan jantung akan lebih terminimalisir.

2. Mencegah Kanker

selama ini pengobatan kanker belum bisa di temukan tetapi ada pencegahan terkena rsiko penyakit tersebut dengan mengkonsumsi ikan tuna. Dan Ikan tuna dapat di percaya juga berperan dalam hal  untuk mencegah kanker, antara lain 

- kanker ovari, 

- kanker pankreas, dan 

- jenis kanker yg menyerang saluran pencernaan lain (kanker ekspresi, faring, esophagus, perut, & usus). 

Kandungan omega-3 yang berlimpah pada tuna jua bermanfaat buat mencegah kanker payudara & menurunkan risiko terkena leukimi. 

Untuk wanita sangat di anjurkan agar mengkonsumsi ikan tuna.

3. Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak

Omega-3 yang ada terdapat pada ikan tuna bisa membantu menaikkan fungsi mengingat atau fungsi kognitif otak, sebagai akibatnya bisa terhindar menurut penyakit degenarasi fungsi otak seperti Alzheimer 

lantaran kandungan Omeg 3 bisa membantu memperlancar suplai darah berdasarkan tubuh ke otak. 

Omega-3 pula bisa di gunakan untuk menurunkan resiko inflamasi yang tujuan nya untuk memperantarai signal agar dapat diterima oleh otak, dalam orang yang menderita Alzhemeir akan mengalami gangguan pada hal penyampaian signal atau impuls ke otak.

4. Meningkatkan Respon Hormon Insulin

Ikan tuna juga disarankan dikonsumsi bagi penderita diabetes tipe-dua, karena kandungan lemak omega-3nya yg melimpah. 

Berbagai Pengembangan dan penelitian mengenai gizi, dan protein pada kesehatan ikut menyarankan agar konsumsi zat omega-3 pada ikan tuna dapat mencegah terjadinya kegemukan dan menaikkan respon hormon insulin pada tubuh. 

Asam lemak omega 3 yang populer dengan nama EPA inilah yang membantu meregulasi berat badan dan pula metabolisme tubuh dengan mensekresi hormon leptin.

5. Membantu proses Detoksifikasi

Selenium beserta dengan omega-3 yang terkandung pada ikan tuna, merupakan bahan bakar krusial buat produksi gluthathione peroxidase jenis antioksidan. 

Antioksidan inilah yang berfungsi krusial buat kesehatan hati yang berperan buat detoksifikasi. Selenium jua berperan buat mencegah kanker dan penyakit jantung.

6. Ikan Tuna Rendah lemak

Pada Umunya Manfaat dari jenis ikan-ikanan (ikan berdaging putih) maupun sebagian ikan berdaging gelap dan merah misalnya tuna sirip kuning Mempunyai Kadar lemak yang rendah

Selain ikan ada juga sebagian jenis kerang dan makanan laut atau bahari lainnya mempunyai kandungan total lemak yang paling rendah dibandingkan asal protein hewani lainnya

7. Mengurangi Kolesterol

Ikan mempunyai kandungan lemak jenuh paling sedikit dibandingkan menggunakan protein hewani lainnnya misalnya halnya ayam, daging atau bahkan udang dan lobster. 

Dimana lemak jenuh mempunyai kiprah paling aktif meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

8. Mengurangi Peradangan & Sakit Sendi

Dari asam lemak omega-tiga ikan tuna, salmon, makarel, sarden juga tuna dapat pula mengurangi risiko peradangan & sakit persendian. Terutama minyakikan, memiliki sifat anti-inflamasi. 

Oleh karenanya, ikan efektif dalam mengurangi peradangan pada darah dan jaringan. Asam lemak omega-3, khususnya EPA, poly ditemukan dalam minyak ikan dan memiliki efek yg sangat positif pada respons inflamasi sehingga sangat membantu pada mengurangi radang sendi, prostatitis (radang prostat), & sistitis.

9. Minyak Ikan buat Janin & Bayi Menyusui

DHA jua sangat bermanfaat bagi perkembangan otak bayi. Ikan seperti tuna, makarel, & sarden mampu menjadi pilihan yg rupawan buat hamil dan menyusui.

10. Untuk Nutrisi Otak

Kandungan asam lemak omega-tiga pada pada ikan pula sangat penting untuk otak. Dimana asupan nutrisi tersebut sangat diharapkan bagi yang tinggal pada perkotaan akbar buat stamina otak.

11. Menurunkan tekanan darah

Minyak ikan  yang terdapat pada ikan tuna sangat berguna buat menurunkan tekanan darah, tetapi peran mereka pada pencegahan belum jelas. 

Namun, mengkonsunmsi berlebih terhadap  minyak ikan dari ikan tuna tidak dianjurkan.

12. Kesehatan kardiovaskular

Asam lemak omega 3 yang ditemukan pada ikan sudah terbukti keuntungannya bagi jantung, arteri, dan vena yg membangun sistem kardiovaskular Anda. 

Konsumsi ikan dapat membantu mencegah penyakit jantung dan gagal jantung dengan mencegah akumulasi trigliserida, mengurangi tingkat trigliserida berlebih, menaikkan HDL (kolesterol baik), dan mencegah pembekuan darah. 

Studi para ahli berdasarkan Harvard School of Public Health menyimpulkan,makan sampai 2 porsi ikan pada seminggu bisa mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung tiga kali lipat.

13. Mengatasi depresi

Asam lemak omega-3 dalam minyak ikan baik buat mengurangi depresi dan kecemasan. Studi sudah menemukan bahwa rakyat yang mengonsumsi banyak ikan mempunyai tingkat depresi yang lebih rendah.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Ikan Tuna Untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close