Mengenal Aquarium Sebagai Wadah Budidaya Perikanan

Wadah Budidaya Perikanan : Akuarium merupakan salah satu wadah pemeliharaan ikan yang relatif sangat mudah dalam perawatannya. Akuarium dapat digunakan untuk budidaya ikan tawar dan air laut biasanya pada proses kegiatan pembenihan ikan atau untuk pemeliharaan ikan hias. 

Akuarium Yang biasa untuk pemeliharaan ikan berbeda dengan aquarium yang di gunakan dalam untuk budidaya ikan. Biasanya aquarium budidaya, biasa nya kebanyakan di gunakan dalam pendederan dan penetasan telur ikan. AKuarium jenis ini biasanya terbuat dari bahan kaca. Dimana penggunaan kaca agar ikan atau telur yang ada di aquarium bisa di monitor dan di lihat.

Asal usul pemberian nama aquarum dan dimana penamaan akuarium ini berasal dari bahasa latin. Aquarium berasal dari kata aqua yaitu aqua yang berarti air dan area yang berarti ruang. 

Jadi akuarium ini adalah ruangan atau wadah yang terbatas untuk tempat menampung air yang  didalamnya ada penghuni dan aqurium tersebut agar bisa dapat diawasi dan dinikmati.

Akuarium umum

MENGENAL AQUARIUM SEBAGAI WADAH BUDIDAYA

Sama seperti untuk aquarium untuk hiasan maka akuarium yang digunakan untuk budidaya ikan ini juga dapat dibuat sendiri atau membeli langsung dari toko. Dimana Membuat sendiri atau membeli mempunyai beberapa keuntungan dan kerugian.

Fungsi dari akuarium antara lain

- sebagai wadah untuk budidaya ikan 

- juga dapat berfungsi sebagai penghias ruangan dimana akuarium tersebut dapat dinikmati keindahannya oleh penggemarnya. 

Berdasarkan manfaat dan fungsinya maka akuarium dapat dibedakan antara lain adalah sebagai berikut:

1. Akuarium Umum

Akuarium Jenis Umum ini diisi dengan berbagai jenis ikan baik ikan tawar maupun ikan laut dan di dalamnya terdapat tanaman air yang bertujuan untuk penghias dan keindahan ruangan aquarium.

Syarat Umum Wadah Budidaya Perikanan :Akuarium  :

- Akuarium yang akan di taruh atau diletakkan harus sesuai dan serasi dengan kondisi ruangan. Dimana Dalam Membuat akuarium maka tata letak harus benar benar di perhatikan.

- Alat yang biasanya digunakan sebagai perlengkapan akuarium meliputi : 

* aerator, 

*kabel listrik,

* pipa pvc, 

*pompa air 

dan lain-lain yang diletakkan tersembunyi supaya nampak alami.

- Usahakan dalam membuat akuarium penggunaan bahan dasar akuarium agar tampak alami

- Tanaman akuarium disusun dengan estetika dan sesuai dengan ikan yang akan di pelihara.

- Jenis ikan yang dipelihara harus harmonis, Dimana sesuai dengan konsep ruangan dan tanaman yang di tanam.

- Jenis akuarium ini biasanya digunakan sebagai hiasan bagi berbagai jenis ikan yang dapat dinikmati keindahan warna tubuh ikan baik ikan air tawar maupun ikan air laut dari jenis ikan hias maupun ikan konsumsi.

2. Akuarium Kelompok

Akuarium kelompok
Dalam Akuarium Jenis kelompok maka Ikan-ikan yang dipelihara di dalam  akuarium kelompok harus ikan sejenis/sekeluarga Dimana dalam akuarium Kelompok ini biasanya ikan akan mudah untuk di tangani dalam hal perawatan nya.

Selain Ikan dari sejenis , Akuarium elompok juga di beri hiasan dan ditanami oleh tanaman air yang  tanaman air yang diperlukan oleh kelompok ikan yang dipelihara.

Jenis akuarium ini biasanya digunakan untuk memelihara ikan dalam satu kelompok baik ikan hias maupun ikan konsumsi dari ikan air tawar dan laut.

Syarat akuarium kelompok :

- Jenis ikan yang ada dan dipelihara harus  masih sejenis dan sekarabat

- Pemilihan dan Susunan tanaman air  disesuaikan dengan ikan yang dipelihara.

3.  Akuarium Sejenis

Akuarum sebagai media pemijahan
Dalam akuarium sejenis ini maka ada nilai estetika dan dekorasi dihilangkan dan dikesampingkan, karena manfaat dan tujuan dari akuarium sejenis untuk mengembang-biakan ikan atau memijahkan ikan. 

Dan Di katakan Aquarium sejenis ini dikarenakan yang ada di dalam aquarium tersebut hanya satu jenis ikan. Jenis akuarium ini yang biasa digunakan untuk membudidayakan ikan air tawar dan laut.


Akuarium tanaman sering disebut juga aquascape

4. Akuarium Tanaman

Jenis Akuarium Tanaman Biasanya untuk dekorasi dinding dan penempatan di ruangan untuk keindahaan.

Dalam akuarium tanaman ini yang memegang peranan adalah tanaman air. Tanaman Air di hias dan di bentuk seindah dan se baik Mungkin agar memberi kenyamana dan kepuasan di saat memandang jenis akuarium tersebut.

Dalam Akuarium tanaman maka peranan ikan Ikan yang  dimasukan kedalam akuarium hanya bertujuan untuk penghias dan pemelihara tanaman.

Semoga Bermanfaat...Artikel Wadah Budidaya Perikanan :Akuarium 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close