Istilah Inggris Dalam Kapal

Istilah Inggris Dalam Kapal - Ada begitu banyak istilah bahasa Inggris di dunia kepelautan. Ungkapan-ungkapan yang terkadang sama sekali lain dari Umumnya bahasa Inggris yang kita pakai. Umpamanya Sebutan buat sebelah kiri pada atas kapal tidak dibilang left side Melainkan port side. Begitu pula buat sebelah kanan, pada atas Kapal disebut sebagai starboard & bukan right side. Masih Banyak sebutan lainnya yang benar-benar tidak sinkron menggunakan Bahasa Inggris ‘kebanyakan’.
Penggunaan Bahasa Inggris dan istilah di kapal tidak seperti biasanya. Dengan Bahasa inggris kita bisa Mengembara ke aneka macam penjuru dunia, untuk sekedar Berkenalan menggunakan aneka macam macam perahu, atau juga kapa Mini   yg mereka punyai. Misalnya terdapat ‘Alia’, ini bukan nama Cewek cantik, melainkan perahu manis. 

Alia merupakan semacam Kano yang dipakai sang penduduk Tongan menurut Samoa. Dua Kano dijadikan satu dengan memasangkan platform eksklusif Yg terbuat dari papan-papan seperti Akona berdasarkan Port Moresby. Lain lagi dengan ‘Ama Fune’, merupakan sejenis perahu atau kapal Penangkap ikan pada Jepang yg menggunakan pukat lingkar Seperti juga Uomi Fune & Onaka Fune. 

Istilah Inggris Dalam Kapal

Istilah Inggris Dalam Kapal
Lalu jenis apakah ‘angge’ yg bisa kita jumpai pada laper’s Islanda (New Hebrides)?Itu ternyata adalah kano bertiang satu, badannya Berbentuk homogen misalnya kerang. Terkadang beliau dinamai jua Dengan sebutan ‘ango’. ‘Karabel’, adalah perahu layar dari Laut Azov & Laut Hitam.

Sedangkan ‘Kauri Pine’ adalah perahu kayu dari New Zealand. Bagaimana menggunakan ‘Kialu’ ?Oh, itu merupakan homogen kano terbuat Berdasarkan papan, yang digunakan oleh bangsa India pada selat Magellan. ‘Lakandrao’, merupakan perahu berlayar tunggal berdasarkanMadagascar. 

Pernahkah Anda mendengar Apollo?Nama itu Telah begitu kental pada benak kita, sudah sangat seringkali Didengar, tetapi apakah Anda pernah mendengar ‘Zoppolo’? Mungkin sangat jarang, karenanya merupakan 'hanya' sebuah Bahtera ikan terbuka berdasarkan Pantai Croasia. Perahu ini memakai Homogen ‘sema-sema’ tatkala ad interim melautdemi menjaga
Ekuilibrium pada bahari.Apakah ‘sema-sema’ itu?

Nanti dibahas pada Bawah gambar ini dia.
Sumber: Perahu sema-sema siap diluncurkan buat melaut Dan mencari ikan, di Pantai Lopana
‘Cadik’ /outrigger, merupakan sebutan buat bambu atau kayu Yang dipasang di samping kiri & kanan bahtera sebagai Stabilitas perahu tadi.

Di Manado dan Maluku stabilitator ini Disebut ‘sema-sema’. Makanya kita mengenal terdapat sebutan Perahu sema-sema. Di Maluku juga ada ‘kole-kole’. Di Sulawesi Selatan terdapat ‘lepa-lepa’, dan masih banyak lagi. Kalau ‘leva-leva’, Itu merupakan sampan yang digunakan suku Ingurus & Nungbuyu menurut Groote Eylandt dan Pantai Barat berdasarkan Teluk Carpentaria. Kita pula mengenal ‘pakata’, ini merupakan perahu ‘sema-sema’ menurut kepulauan Bacan, kadang ia diklaim jua Menjadi ‘Perahu Paketa’. 

Sema-semanya terbuat dari tiga batang Bambu yang diikat jadi satu, dan kemudian ditahan oleh dua Kayu penahan yang dipasang secara melintang. Sumber: Perahu sema-sema pada Amurang, Minahasa Selatan (Minsel) ‘Ballahou’ adalah bahtera bertiang ganda menurut Bermuda.Layarnya sempit tetapi lumayan tinggi. ‘Batelo’, merupakan kapalMini   yg digunakan di Pantai Timur Afrika. Beratnya lebih kurang 30Ton saja, dan panjang tak lebih dari 7-8 meter. ‘Billboy’ adalah Kapal layar kecil yang memiliki haluan tajam, acapkali dijumpai di Sungai Humber di Inggris sana. Mari kita terbang ke Itali. 

Di sana ada ‘abanella’, lagi-lagi, ini Bukanlah nama cewek anggun, melainkan sebuah perahu kecil Terbuka yang seringkali dipakai oleh para nelayan buat Menangkap ikan tuna pada pantai Itali menggunakan memakai Jaring. Juga disebut ‘musciaretta’ pada Sicilia atau ‘barbariccio’ dari Wilayah Sardinia. Jikalau pada setiap agama kita mengenal sebutan nabi, maka Dalam dunia keperahuan kita pula punya ‘nabbie’, dan itu Merupakan bahtera terbuka berdasarkan Scotlandia yang mempunyai panjang Lebih kurang 10 meter. ‘Chaloupe’, merupakan sebuah nama yg diberikan buat kapal Ikan yang digunakan pada daerah Pantai Perancis pada sisi Atlantik, Perjalanannya mampu menurut Bayonne ke Brest. ‘chalupa’ lain lagi,Serupa akan tetapi tidak sama, bukan kembar, karena itu merupakan sebutanBuat kapal ikan yang bergeladak pada Pantai Peru, bentuknya Tajam & mempunyai badan besar .Untuk supaya bisa sedikit relaks, ayo kita simak dulu istilah- Istilah berikut ini. Ada istilah dalam dialek Manado yg Rupanya telah seringkali dipakai sang para pelaut. Sebutan ‘cikar Kanan’ & ‘cikar kiri’ mudah dijumpai pada antara para pelaut. Bahkan istilah tadi bisa kita dengarkan juga pada Dendangan lagu pop Manado berjudul “Balada Pelaut”. Di bait Terakhir lagu tadi tersua syair ini: Kita bale ngana so laeng…Kita bale ngana so kaweng…Cikar kanan vaya condios

Cari laeng…Di atas kapal, ‘Cikar kanan’ = hard starboard, merupakan istilah Untuk belok kanan penuh. Maka ‘cikar kiri’ sebaliknya, merupakan Buat putar kemudi penuh ke arah kiri (Port Side).‘Cunner’, merupakan kano panjang menurut Chespeak Bay Amerika Yang dipakai buat menangkap udang. Ada pula yang Menyebutnya sebagai ‘kinoo’, atau malah menggunakan sebutan Lainnya lagi yaitu ‘Virginia Canoe’.Kalau kita mendengar demam Berdarah dengue tentu amatlah seram, & tidak ingin Kita untuk tertular oleh virus tersebut. Severedengue atau Dikenal jua dengan sebuatan dengue Haemorrhagic Fever Tentu saja dapat membawa kita pada kematian. Tetapi, ada Dengue yg justru akan membawa kita kepada ‘kehidupan’, Oleh karena dia memberi kita ikan buat kita selanjutnya kita Santap & makan kenyang. ‘Dengue’ ini adalah bahtera kecil Terbuka yg digunakan buat menangkap ikan Sardin di Pantai Cantabria Spanyol. Bagaimana menggunakan ‘dorna’?Sebutan Buat kapal apakah itu?Itu kentara bukanlah nama kapal para Ilahi atau jin. 

‘Dorna’ merupakan homogen kapal ikan lainnya berdasarkan Spanyol yg memiliki ukuran panjang sekitar tiga-4 meter. ‘Dory’, merupakan bahtera terbuka yang didayung pada wilayah Amerika yang digunakan sang para nelayan kurang lebih buat Membawa & memasang jaring. Kapal penangkap ikan Umumnya memerlukan dan membawa lebih kurang 20 jaring buat Ditebar.Pernahkah Anda mendengar kata ‘Gust of Wind’?Itu merupakan Istilah waktu angin yang mendadak sebagai kencang. Ketika Kita ad interim asyik mendayung bahtera kita buat Menerima beberapa ekor ikan, lantas tiba-tiba ada angin Kencang yang tiba menerpa, maka itu dianggap sebagai ‘gust Of wind’. Di laut tanggal seseorang pelaut pula harus mengenal & Mengetahui poly istilah asing lainnya. Misalnya ‘astern’ yg Ialah ke arah buritan kapal. Ada jua ‘bar draft’ atau Kedalaman air pada atas ambang. Lainnya, ‘bar port’, ialah Suatu pelabuhan tadi hanya bisa dimasuki kapal bila Terjadi air pasang yang cukup tinggi, yang lantas Memungkinkan kapal untuk melewatinya.

 Ada juga kata ‘laidUp’, artinya menambatkan kapal atau kapal lagi nir Beroperasi. Serta masih banyak kata-istilah lainnya (yg
Mungkin bisa saya sajikan dalam goresan pena-goresan pena berikutnya) Kini kita kembali dulu ke Spanyol, pada sana bisa ditemui pula ‘jabeka’, yaitu perahu nelayan Spanyol yang memakai Dayung (mungkin ketika ini sudah banyak yg dipakaikanMesin, agar jalannya lebih cepat tentu saja). Nah, ‘kalipoulo’, Merupakan perahu nelayan kepulauan Trobiand, New Guinea.Sering kali di badan kapal tersebut terdapat rupa-rupa lukisan. Kalau ‘kalla doni’, itu adalah perahu berdasarkan wilayah Srilanka Utara,terdapat juga yg menamakan bahtera tadi menggunakan sebutan ‘boatila manche’. Terakhir merupakan ‘Kanda Bache Kaik’, itu merupakan Kapal ikan menurut Turki yang memiliki panjang sekitar 14 meter. Di Indonesia kita jua ada Janggolan, Lete-lete, Menting, Orembai, Jagohan, Jegong, Kelotok, Ketinting, Konting, Kora-kora, &

close
Istilah Inggris Dalam Kapal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nina aysiana runny

0 komentar:

Post a Comment