Definisi Perikanan Secara Lengkap

Definisi Perikanan -Perikanan menurut undang undang mengacu pada peraturan perundang undangan no 45 tahun 2009 dimana pengertian atau definisi perikanan yaitu semua kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya ikan dan lingkungannya mulai dari  praproduksi, produksi, pengolahan sampai dengan pemasaran, yang dilaksanakan dalam suatu sistem bisnis perikanan 

Sebagai negara Maritim dan kepulauan Terbesar dan mempunyai garis Pantai terpanjangh ke empat di dunia. Negara  Indonesia memiliki  potensi dan peluang pasar hasil produk kelautan dan perikanan yang cukup menjanjikan. 

Hal ini dilihat  dengan banyaknya permintaan terhadap produk perikanan yang diperkirakan terus meningkat seiring dengan pertambahan penduduk dunia yang terus meningkat pula, 


Definisi Perikanan

Apalagi dengan upaya pelestaraian dan menjaga keberlangsungan perikanan serta kesadaran manusia akan arti penting nilai gizi ikan bagi kesehatan dan kecerdasan umat manusia. 

Pada saat ini permasalahan yang mendasar pada perikanan kita adalah Semakin terdegradasinya habitat dan  sumber daya alam dan jasa lingkungan di daratan yang disebabkan antara lain oleh meningkatnya pemanfaatan sumberdaya alam, 

jumlah penduduk dan pendapatan masyarakat, Serta penggunaan alat penangkap ikan yang tidak ramah lingkungan maka diharapkan sektor perikanan ini dapat menjadi peluang dan  menjadi sumber pertumbuhan baru bagi bangsa Indonesia.

Definisi Perikanan

Definisi Perikanan
perikanan Tangkap
Secara umum menurut Merriam-Webster Dictionary dimana mendefinisikan perikanan sebagai kegiatan, industri atau musim pemanenan ikan atau hewan laut lainnya. 

Definisi pengertian perikanan tersebut yg hampir serupa juga ditemukan di Encyclopedia Brittanica yg mendefinisikan perikanan sebagai pemanenan ikan, kerang-kerangan (shellfish) dan mamalia laut. 

Sementara Pengertian yg tak jauh berbeda yaitu Hempel dan Pauly (2004) mendefiniskan perikanan sebagai kegiatan eksploitasi sumber daya hayati dari laut (Hempel dan pauly, 2004).

Definisi atau pengertian perikanan ini di atas memang membatasi pada perikanan laut atau perikanan tangkap karena perikanan memang semula berasal dari kegiatan hunting (berburu) yg harus dibedakan dari kegiatan farming seperti budi daya. 

Untuk Pengertian Penangkapan Ikan sendiri menpunyai arti bagian dari perikanan. Dan Pengertian Perikanan mempunyai arti sendiri

Dalam artian yg lebih luas lagi defenisi perikanan tidak saja diartikan aktivitas Penangkapan ikan saja  (termasuk hewan invertebrata lainnya sepertifinfish atau ikan bersirip) Tetapi juga termasuk kegiatan mengumpulkan atau memuat kerang-kerangan, rumput laut dan sumber daya hayati lainnya dalam suatu wilayah geografis perairan tertentu.

Definisi yg lebih luas diberikan oleh Lackey (2005) yg mengartikan perikanan sebagai suatu sistem yg terdiri dari tiga komponen yakni biota perairan, habitat biota, dan manusia sebagai pengguna sumber daya tersebut. 


Perikanan Berdasarkan Sifat

Setiap komponen tersebut akan mempengaruhi performa perikanan. Lackey (2005) kemudian membagi perikanan ke dalam berbagai kelompok atau tipe berdasarkan beberapa sifat antara lain:

1. Jenis lingkungan: contoh, perikanan air tawar, danau, laut, sungai, bendungan.

wilayah Pengelolaan Perikanan

2. Metode penangkapan ikan: contoh, penangkapan ikan dengan trawl, purse seine, dip net, Gillnet, Cashnet atau pun Pancing

3. Jenis akses yg diizinkan: Semisalnya, perikanan dengan akses terbuka (open access), perikanan open access dengan regulasi, perikanan dengan akses terbatas. 


Dan Indonesia termasuk dalam kategori perikanan Open access dengan regulasi. Karena ada pelarangan dimana asing tidak boleh menangkap ikan atau ikut dalam kegiatan perianan tangkap.

4. Concern organisme, contoh: perikanan salmon, perikananan Rajungan,udang, tuna, kepiting

5. Berdasarkan tujuan penangkapan: perikanan komersial, sub-sisten, perikanan rekreasi. ataupun perikanan penelitian

6. Derajat kealaman dari hewan target: total dari alam, semi budi daya, atau total budi daya.
Dalam konteks bahasan perikanan sehari-hari baik tatanan praktis maupun ilmiah, definisi Lackey barangkali yg lebih umum digunakan karena cakupan yg lebih luas daripada definisi yg lain. 

Lebih jauh Lackey (2005) memperkirakan bahwa saat ini kegiatan perikanan telah melibatkan lebih dari 4000 spesies hewan perairan dengan dominasi jenis-jenis ikan yg bernilai ekonomi tinggi seperti tuna, udang, salmon, cod, dan crabs (khususnya di perairan Alaska).

Pengertian Perikanan tidak hanya aktivitas tentang menangkap ikan, tetapi pengertian perikanan bisa di lihat dari beberapa aspek seperti pengertian perikanan tangkap, pengertian perikanan budidaya dan perngertian perikanan daerah serta perngertian perikanan yang lainnya.

Definisi di atas tentu saja sebatas definisi ilmiah yg berlaku secara umum. Dalam konteks legal, Indonesia mengartikan perikanan melalui pengertian yg dituangkan dalam aturan perundang-undangan. Undang-Undang No 31 Tahun 2004 tentang perikanan yg diubah dalam UU No 45/2009 mendefinisikan perikanan sebagai:

perikanan yaitu semua kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya ikan dan lingkungannya mulai dari  praproduksi, produksi, pengolahan sampai dengan pemasaran, yang dilaksanakan dalam suatu sistem bisnis perikanan.

Perikanan yang begitu luas pengertiannya menjadikan pengertian perikanan mempunyai makna yang berbeda beda yang jelas perikanan indonesia harus bisa menjadi pilar untuk mensejahterakan para nelayanIndonesia.

Definisi Perikanan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close