CARA MEMBUAT JALA IKAN

Cara Membuat Jala Ikan - Salah satu alat tangkap tradsional yang masih di gunakan oleh nelayan baik nelayan air laut maupun air tawar adalah jala. Jala Sampai saat ini masih sangat efektif penggunaannya untuk wilayah perairan seperti sungai dan laut. Karena penggunaan alat tangkap jala hanya membutuhkan satu orang.

Membuat Jala Ikan tidak semua orang bisa. Cara pembuatanya begitu gampang yang paling susah adalah kesabaran dalam menjurai benang menjadi lembaran jaring dan menjadi alat tangkap jala ikan.

Banyak sekali orang yang tidak mengetahui akan cara membuatnya. Membuat jala sangat rumit dan membutuhkan kesabaran untuk menyiapkan satu jala. apalagi kerumitan tersebut karena mata jaring dari jala ikan sangat kecil dan benangnya sangat tipis.

Cara Membuat Jala Ikan

Cara Membuat Jala Ikan
PERALATAN MEMBUAT JALA
Adapun tahapan dalam membuat sebuah alat tangkap jala ikan maka kita memerlukan bahan dan alat dalam pembuatannya.


Bahan dan Alat

- coban - Untuk menjurai dan mengumpulkan benang

- Selaran - Untuk Membentuk Mata Jaring ( Biasanya Nelayan yang sudah biasa tidak memerlukannya )

- Benang atau senar

- Pemberat dari Timah

- Pisau

- Tali Gantung

Pembuatan jala ikan

- Pertama tama benang atau senar di gulung ke Coban  secukupnya ,Karena apabila terlalu banyak maka dalam menjurai mata jaring satu ke mata jaring lainnya akan susah. Dan bila sedikit maka jalaikan akan banyak sambungan benang

- ikatkan  tali sebagai pusat jala lalu mulailah merajut dengan menggunakan Selaran   sebagai cetakannya sesuai lebar ukuran yang akan dibuat.

- Langkah selanjutnya jurai  benang secara berurutan ke bawah dan jangan lupa ikat dengan ikatan tali mati agar jalinan tidak mudah bergeser dan tidak berubah bentuk serta ukuran . 
Cara Membuat Jala Ikan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close