Alat Tangkap Long Line

Alat Tangkap Long line - alat tangkap ikan jenis long line termasuk dalam golongan alat tangkap ramah lingkungan. Karena long line yang menggunakan pancing, menangkap ikan dengan target spesifik dan tidak merusak habitat perairan. Alat tangkap long line masih menjadi favorit dalam penangkapan ikan.

Long line biasa di sebut di indonesia dengan istilah rawai dan perawe. Karena dari konstruksi antara rawai dan long line sama. Dari pengertian pun sama dimana Long line adalah alat untuk menangkap ikan yang terdiri dari rangkaian tali utama ,tali pelampung dan tali cabang.

Dimana tali cabang lebih  pendek dan lebih kecil diameternya dari tali utama. dan diujung tali cabang ini diikat pancing yang berumpan.
Alat Tangkap Long Line

Alat Tangkap Long Line

Jenis Jenis Long line

Ada beberapa jenis long line.

- Long Line Dasar.

Dimana Target Tangkapan Untuk jenis Long line ini adalah ikan ikan demersal..

- Long Line hanyut

Istilah Rawai Hanyut juga di sebut dengan nama dript long line, biasanya digunakan untuk menangkap ikan-ikan pelagis.

- Long Line Tuna

disebut juga dengan rawai tuna,.walaupun dalam kenyataannya bahwa hasil tangkapnnya bukan bukan ikan tuna tetapi juga jenis jenis ikan lain seperti layaran ,ikan hiu dan lain-lain.

Secara perinsip rawai tuna sama seperti rawai-rawai lainnya,namun mengingat faktor biologi ikan sasaran ,tekhnik pengoperasian alat,komponent alat bantu ,kapal yang tersedia, maka dilakukan berbagai penyesuaian.bahan tali pancing terbuat dri bahan monofilament(PA) atau multifilamant (PES seperti terylene, Pva seperti kuralon atau PA seperti nylon).


Umpan Alat Tangkap long line

Umpan yang digunakan dalam penangkapan ikan adalah jenis ikan yang tidak cepat busuk, mempunyai sisik mengkilat,dan rangka tulangnya kuat sehingga disaat di rendam dalam air tidak mudah lepas dari pancing 

Umpan yang biasa di gunakan seperti bandeng,saury,tawes, kembung,layang, dan cumi-cumi.
panjang umpan berkisar antara 15-20 cm, dengan berat 80-150 gram.cumi cumi kecil masih dapat dipakai asalkan di jadikan satu agar nampak besar.

umpan yang di gunakan harus berasal dari ikan-ikan yang benar-benar segar dan dilbekukan dengan baik agar tahan dalam waktu yang lama.


Klasifikasi  Alat Tangkap Longline 



Klasifikasi  Alat Tangkap Longline
Berdasarkan cara pengoperasian

Drift Longline, yaitu longline yang dioperasikan dalam keadaan hanyut

Bottom Longline, yaitu longline yang dioperasikan didasar perairan

Berdasarkan letak pengoperasiaran di perairan

Longline permukaan (surface longline)

Longline pertengahan (midwater longline)

Longline dasar (bottom longline)

Berdasarkan kontruksi alat tangkap

Longline tegak (vertical longline)

Longline mandatar (horizontal longline)

Berdasarkan jenis ikan yang ditangkap 


Longline tuna, longline cucut, dsb 


Bagian Bagian Alat Tangkap Long Line

- Tali Utama


Tali utama ( main Line )harus cukup kuat karena menanggung berat dari dari tali cabang dan tarikan ikan yang terkait pada mata pancing. Kekuatan Tali Utama menjadikan dasar bahwa diameter tali utama harus lebih besar dari diameter tali cabang

Pada kedua ujung pada tali utama ( main line )dibuat simpul mata.Main line biasanya terbuat dari bahan kuralon yang diameternya 0,25 inci atau lebih. Panjang main line tergantung dari panjang dan jumlah branch line. Semakin banyak Branch maka semakin panjang tali utama

Biasanya terbuat adari bahan Mono filament dan Multi filament 

- Tali Cabang

Bahan dari tali cabang C Branch line )biasanya sama dengan tali utama ( main Line ), perbadaanya hanya pada Panjang dan diameter saja, dimana ukuran dan diameter tali cabang lebih kecil dari tali utama. 

Satu set tali cabang ini terdiri dari tali pangkal, tali cabang utama, wire leader yang berfungsi agar dapat menahan gesekan pada saat ikan terkait pada pancing, dan pancing yang terbuat dari bahan baja, Dan menggunakan pancing no.7.

- Tali Pelampung

Tali pelampung berguna untuk mengatur kedalaman dari alat penangkap sesuai dengan yang di inginkan. Tali pelampung ini biasanya terbuat dari bahan kuralon.


- Pelampung (float)

Pelampung yg digunakan pada alat tangkap long line terdiri dari beberapa jenis yaitu pelampung bola, pelampung bendera, pelampung radio, dan pelampung lampu. 

Warna pelampung harus bisa kontras dengan warna air laut. Dan warna dari pelampung di usahakan bisa terlihat dengan mata dan alat bantu lampu.

Hal ini dimakasudkan untuk mempermudah mengenalnya dari jarak jauh setelah setting.

1. Pelampung Bola

Pelampung bola biasanya terpasang pada ujung basket dari alat tangkap. Pelampung bola ini terbuat dari bahan sinteticdengan dimeter 35 cm dan ada yang lebih besar. 

Untuk long line dengan jumlah basket 70 maka jumlah pelampung bola yang digunakan adalah 68 buah, pada ujungnya terdapat pipa setinggi 25 cm dan stiker scotlight yang sengat berguna bila alat penangakap tersebut terputus maka mudah menemukannya. 

Untuk melindungi pelampung-pelampung tersebut dari benturan yang dapat menyebabkan pecahnya pelampung tersebut, maka pelampung tersebut dibalut dengan anyaman tali polyehylene dengan diameter 5mm.

2. Pelampung Bendera

Pelampung bendera merupakan pelampung yang pertamakali diturunkan pada waktu setting dilakukan. Biasanya diberi tiang (dari bambu atau bahan lain) yang panjangnya bervariasi sekitar 7 m dan diberi pelampung. Supaya tiang ini berdiri tegak maka diberi pemberat.

3. Pelampung Lampu

Pelampung ini biasanya menggunakan balon 5 watt yang sumber listriknya berasal dari baterai yang terletak pada bagian ujung atas pipa atau bagian bawah ruang yang kedap air. Pelampung ini dipasang pada setiap 15 basket yang diperkirakan hauling pada malam hari. Fungsinya adalah untuk penerangan pada malam hari dan memudahkan pencarianbasket bila putus.

4. Pelampung Radio Bouy

Sebuah radio bouy dilengkapi dengan transmiter yang mempunyai frekuensi tertentu. Daerah tranmisinya bisa mencapai 30 mil. Jangkauan Transmitter ini memungkin dalam pencarian main line apabila terputus maka yang di cari pertama adalah pelampung radio Bouy

Jjika dalam pengoperasian long line menggunakan radio bouy,maka kapal long line harus dilengkapi dengan radio direction finder(RDF). Peralatan ini berfungsi untuk menunjukan arah lokasi radio bouy dengna tepat pada waktu basket putus.

close
Alat Tangkap Long Line Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nina aysiana runny

0 komentar:

Post a Comment