Alat Tangkap Ikan Jenis Sodok

Alat Tangkap Ikan Sodok - Sodok artinya kelompok pukat dorong. dalam pengoperasiannya jarring dibentangkan pada air menggunakan memakai kerangka bambu atau kayu ataupun rotan. sodok artinya pukat dorong yang berbentuk kerucut. disekitar jarring terbuat mampu dari bambu ataupun rotan. 

bambu yg digunakan berdiameter tiga cm menggunakan panjang sisi kanan dan  kiri bambu 207 cm yg terdiri dari panjang rangka buat jaring 172 cm dan  sisanya 35 centimeter menjadi pangkal buat memegang jaring. di alas jaring jua diberikan bambu buat membuka jarring menggunakan berukuran 176 cm.

Sodok merupakan salah satu alat tangkap sederhana yg pada pengoperasiannya menggunakan tenaga insan dan  umumnya para nelayan memakai sodok di daerah yang dangkal serta berlumpur. sodok bisa dipergunakan di malam hari dengan memakai indera bantu lampu. alat ini dipergunakan tanpa menggunakan bahtera (bahtera hanya dipergunakan ketika fishing ground).

Alat Tangkap Ikan Sodok

Alat Tangkap Ikan Sodok
ALAT TANGKAP IKAN SODOK
Pengoperasian sodok dilakukan dengan tenaga insan serta bisa dilakukan perorangan, tak menggunakan bahtera. mampu menggunakan bahtera dengan catatan hanya sebagai finishing saja, 

maksudnya ketika menggunakan bahtera sodok hanya untuk memindahkan yang akan terjadi tangkapan sesudah hauling. kedalaman aporisma sodok 1-1,5 meter serta dipergunakan nelayan buat menangkap ikan pada daerah berlumpur dan  dangkal.

Pada metode pengoperasian yang tidak memakai perahu, menggunakan cara membuka sisi jarring dengan mendorongnya kedasar permukaan. alat ini bisa digunakan di siang hari juga malam hari. walaupun ada yang beranggapan alat ini bukan alat tangkap ikan ramah lingkungan tetapi termasuk alat tangkap tradisional

pada malam hari sodok pada pengoperasian dibantu menggunakan homogen lampu petromaks atau yg lainnya. mula-mula sodok didorong ke dasar bagian atas, serta lampu petromaks ditempatkan diatas serok untuk menarik perhatian ikan supaya ikan berkumpul disekitar wilayah yang akan diserok. 

lalu sesudah berkumpul, lampu petromaks dimatikan agar ikan tak berpencar serta tetap berada disekitar wilayah tersebut. selesainya itu, sodok diangkat perlahan-huma lalu waktu sudah mendekati permukaan kecepatan penangkapan ditingkatkan.

Yang akan terjadi tangkapan menggunakan sodok biasanya artinya ikan lele (clarias batrachus), ikan bawal (pampus argenteus), ikan teri (stolephorus sp), ikan lemuru (sardinella lemuru), udang, ikan gurameh (osphronemus gouramy), serta grup ikan pelagis mungil lainnya


Alat Tangkap Ikan Sodok

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close