Syarat Menjadi Syahbandar

Syarat Menjadi Syahbandar - Dalam dunia perikanan dan kelautan istilah syahbandar sudah sering kita dengarkan. Dan Syahbandar adalah suatu jabatan pegawai yang mengepalai urusan pelabuhan atau dapat disebut kepala pelabuhan. 

Tugas pokok Kantor Kesyahbandaran Utama adalah melaksanakan pengawasan dan penegakan hukum di bidang keselamatan dan keamanan pelayaran, serta koordinasi kegiatan pemerintahan di pelabuhan. Ada Dua Jenis Kesyahbandaran di Indonesia yaitu Syahbandar Perhubungan dan Syahbandar perikanan.
Untuk Menjadi Syahbandar Yang jelas haru pegawai negeri sipil dan sudah mengikuti diklat kesyahbandaran yang di adakan oleh kementrian perhubungan.

Di indonesia masih banyak pelabuhan pelabuhan khusunya pelabuhan yang masih kekurangan tenaga untuk menjadi Syahbandar.
Syarat Menjadi Syahbandar

Syarat Menjadi Syahbandar

Ada beberapa persyaratan untuk menjadi syahbandar tidak di sebutkan secara spesifik. Walaupun undang undang kesyahbandaran telah ada. yaitu Undang Undang nomor 17 tahun 2008 pada Bab XI, pasal 207 point 1, 2 dan 3 - Pasal 207 ayat (1) Syahbandar melaksanakan tugas sebagai Pejabat Penyidik Pegawai Negeri Sipil sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. 

Pasal 209 sampai 212 semua menjelaskan fungsi dan tanggung jawab seorang Syahbandar dengan lebih detail dan lebih banyak lagi.

Sayangnya persyaratan kompetensi untuk menjadi seorang syahbandar tidak dijelaskan dalam Undang Undang ini, bahkan di aturan menteri pun hanya menjelaskan bentuk organisasi dan fungsi serta tanggung jawab seorang syahbandar. 

Dengan begitu banyaknya tanggung jawab yang diemban oleh seorang Syahbandar, sangat sulit memahami kenapa dalam Undang Undang no.17 tahun 2008 tentang pelayaran tidak menyebutkan syarat kualifikasi untuk posisi spesial tersebut. 

Bahasa dan ilmu Maritim mempunyai spesifikasi khusus, baik itu navigasi, keselamatan pelayaran, memuat kapal, stabilitas kapal, sampai urusn dokumen kapal dan peluaut yang segudang jumlahnya.

Apalagi saat Ini Indonesia sedang berencana menjadikan indonesia sebagai negara maritim seharusnya masalah Ke syahbandaran harus di selesaikan terlebih dahulu. Sebelum membangun sarana dan prasarana  maka pembangunan yang terlebih dahulu adalah pembangunan sumber daya manusia.

Syarat Menjadi Syahbandar


close
Syarat Menjadi Syahbandar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nina aysiana runny

0 komentar:

Post a Comment