Konsep Negara Maritim

Konsep Negara Maritim - Negara Maritim adalah suatu negara yang berada di dalam teritorial suatu laut yang luas, dan indonesia bisa di katakan sebagai negara maritim

Sedangkan Konsep dari Negara maritim adalah suatu konsep di mana negara dalam hal ini indonesia mampu memanfaatkan semua potensi laut baik itu perikanan, kelautan, pertambambangan, wisata bahari bahkan pertahanan negara. semua Pengelolahan tersebut bermuara pada kesejahteraan rakyat dan memakmurkan sebuah bangsa dan negara.

Dalam menjalankan konsep tersebut maka Kementrian kelautan dan perikanan indonesia terus melakukan perbaikan diri guna menuju kemandirian di bidang perikanan. Dengan potensi yang belum tergali semuanya untuk kesejahteraan rakyat maka KKP akan berupaya dalam mendukung Konsep negara Maritim.

Negara Maritim

Kebijakan bu menteri sekarang sudah mulai terasa apa lagi kalau diikuti oleh kementrian2 yang lain. Seharusnya semua pembangun yang dibawah pemerintah jokowi, semua untuk membantu dan berorentasi ke sektor kelautan dan perikanan.

karena Maritim adalah salah satu yang bisa di andalakan untuk memberikan masukan pendapatan agar ambisi pembangunan jokowi bisa di mulai dari membangun sektopr kemaritiman.
Konsep Negara Maritim
NEGARA MARITIM


Konsep Negara Maritim 

Banyak sektor kemaritiman yang bis adi optimalkan diantaranya pertambangan lepas pantai, perikanan, produk selain perikanan, wisata, dan lainnya/

Kita sudah terlalu dibuai dengan istilah negara agraria padahal kita ini adalah negara kemaritiman dan negara kepulauan. Arti dan pengertian negara maritim sangatlah banyak dan di antaranya adalah :

Pengertian Negara Maritim

- Negara maritim adalah negara yang terdiri dari pulau pulau

- Negara maritim adalah negara yang terdiri dari masyarakat yang bekerja di laut dan pesisir.

- Negara maritim adalah negara yang dikelilingi oleh laut dan perairan

Di lihat dari arti tentang negara maritim maka indonesia sudah termasuk dalam kesemua arti negara maritim. Dan untuk membuat sebagai negara maritim di perlukan beberapa persyaratan, 

Untuk menjadikan indonesia sebagai negara yang benar benar maritim maka di perlukan suatu konsep dan rencana besar. Perlu ada perbaikan yang terkonsep untuk menjadikan indonesia sebagai poros maritim.

Tujuan yang Besar di perlukan pemahaman yang sama diantara masyarakat tidak hanya pemahaman tentang definisi Maritim tetapi makna sesungguhnya dari konsep negara Maritim.

Lalu apakah kita sudah menjadi poros maritim dunia. Saya rasa kita belum 20 persen menjadi negara maritim. Kita bisa melihat dari aktifitas perdagangan. Untuk perdagangan lewat pelabuhan masih terkonsentrasi di 3 pelabuhan yang ada di jawa. 

Belum lagi untuk indek perdagangan dengan negara lain , peranan indonesia dengan kemaritiman masih kalah dengan singapura dan malaysia.Bagi Indonesia saat ini,  Maritimn adalah jargon yang belum selesai. 

Belum lagi yang paling parah adalah sektor industri garam. Bagaimana mungkin sebuah negara dengan garis pantai terpanjang no 4 di dunia harus kekurangan garam dan menjadikan impor sebagai solusinya. 

Garis pangkal Pantai yang sangat luas dan jumlah nelayan yang sangat banyak seharusnya potensi tersebut mampu menjadikan Indonesia sebagai Negara Maritim.

Perlu adanya ketegasan sikap dari pemerintah mengenai arah kebijakan menjadi negara maritim. Serta untuk mendukung hal itu maka pemerintah harus mengatur dan menata ruang untuk konsep tersebut.

Adapun prinsip-prinsip penataan ruang untuk konsep negara maritim diantaranya :

Penataan ruang wilayah pesisir perlu menetapkan batas-batas daerah pengembangan di lautan dengan prinsip menjamin pemanfaataan yang berkelanjutan.

Masyarakat pesisir khususnya nelayan di orientasikan untuk menjadi nelayan yang modern.

• Penetapan batas-batas daerah lautan seyogyanya tidak menutup kemungkinan pemanfaatan sumber daya yang berada dalam batas-batas daerah laut oleh masyarakat yang berasal dari wilayah lain diluar batas daerah laut tersebut.
 

Masalah perbatasan dengan negara lain pun harus segera di putuskan. Kita harus berani mengusir setiap apapun yang masuk ke indonesia dengan illegal. 

Sudah banyak aktifitas aktifitas yang merugikan indonesia melalui kurang pengawasan di perairan dan laut indonesia. Dari mulai Masuknya narkoba, perdaganagan manusia dan praktek Illlegal Fishing.

• Perlindungan terhadap habitat yang sensitif dari berbagai aktivitas yang merusak, baik sebagai akibat dari interaksi manusia dengan alam maupun interaksi dalam alam itu sendiri. 

Salah satunya dengan melarang alat tangkap ikan yang merusak, membuang limbah di laut dan hal lain yang bisa menjadikan laut kita rusak dan tercemar. Tanpa adan ya laut dan perairan maka cita cita negara maritim hanya angan angan.

• Mengakomodasi berbagai kepentingan yang berbeda dalam satu daerah pantai dan pesisir secara bersinergi satu dengan lainnya, tanpa ada satu pihak yang dirugikan.Pemerintah harus hadir sebagai pemberi solusi dan selalu mementingkan masyarakat banyak.

• Memungkinkan dibuatnya zona ‘ sanctuary, khususnya untuk daerah laut yag harus dilindungi, terutama bagi ekosistem yang memiliki dampak luas dan penting bagi ekosistem laut lainnya. Pengawasan pelu di tingkatkan


• Memberi kesempatan pemulihan area yang telah rusak.zona konservasi kembali di kembangkan. Zona ekonomi pun di buat tanpa harus merusak ekosistem dan area perairan.

Maritim Adalah

Maritim asal menurut bahasa inggris yaitu maritime, yg berarti navigasi, menurut kata ini lalu lahirlah istilah maritime power  yaitu negara dengan kekuatan maritim atau negara menggunakan kekuatan yg bebasis pada bahari. 

Masih pada bahasa Inggris, istilah yang dipakai buat menerangkan sifat atau kualitas yg menyatakan penguasaan terhadap laut merupakan seapower. 

Sementara, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, maritim diartikan menjadi hal yang berkenaan menggunakan bahari, terutama hal yg berkaitan pelayaran dan perdagangan pada bahari. Pengertian tersebut menegaskan bahwa negara maritim adalah negara yang terkait dengan kebaharian atau kelautan.


Dan perlu di tegaskan juga bahwa negara maritim adalah bukan jargon semata melainkan sebuah tindakannya nyata.


Dari istilah seapower atau kekuatan laut tadi maka Istilah maritim sering mengandung unsur bermakna ganda. Untuk terus menjadi sebuah negara maritim mak di perlukan sebuah persyaratan. Pengertian negara maritim apabila terpenuhi semua persyaratan maka di pastikan negara indonesia akan semakin kuat.

Terdapat 2 versi buat pengertian maritim ini : maritim dalam pengertian sempit yg hanya berhubungan dengan efek & bahari (angkatan bahari) 

Dan arti kedua yaitu negara maritim pada arti yg seluas-luasnya yg meliputi seluruh aktivitas yang berafiliasi dan berkenaan menggunakan bahari atau lebih acapkali disinggung dengan istilah kelautan.

Jika ditinjau dari sisi rapikan bahasa, kelautan merupakan istilah benda, sedangkan maritim adalah adjektiva. Maka Negara Maritim adalah penggabungan antara benda sebagai negara dan objektiva sebagai maritim.

Dengan demikian, bila kita ingin menyatakan bahwa Indonesia merupakan negara bahari maka  negara indonesia wajib  memanfaatkan potensi lautnya dan pada akhirnya cita rasanya akan  penggunaan kata negara maritim akan lebih sempurna. 

Indonesia terus mengembangkan diri untuk menjadi negara maritim, bukan hanya negara agraria ataupun kelautan. 

Indonesia sebagai Negara Maritim

Argumentasi alasannya adalah, indonesia negara maritim merupakan negara yg memiliki sifat memanfaatkan potensi laut buat kemakmuran negaranya, sedangkan negara kelautan lebih menunjukkan syarat fisiknya saja, yaitu negara yg berhubungan, dekat menggunakan atau terdiri dari bahari.sudah saat nya kita berorientasi menuju konsep negara maritim.

Membentuk Negara Maritim tidak hanya menentukan Hari Maritim Indonesia untuk Internasional. Atau hanya seremonial tentang potensi negara maritim


Tapi Konsep Negara maritim akan terbentuk apabila masyarakat masyarakat di lebih paling bawah agar bisa menentukan perapa persen dari nilai upaya memudahkan dan menyelesaikan permasalah tentang konsep negara maritim dan perlu adanya parameter untuk melihat dan batuan dari hotel nyang paling tinggi.

Konsep Poros Maritim Dan Konsep Negara Maritim Mempunyai Perbedaan walaupun sama sama mengusung tema kemaritiman. Tetapi pada kenyataannya maritim adalah tetap mengacu pada dimana negara bisa mengoptimalkan sumber daya maritim.

Menurus Poros Maritim dimana maritim adalah acuan buat semua negara negara yang mempunyai laut agar ikut bergabung dengan gagasan Poros Maritim.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close