Cara Penanganan Ikan Di Darat

Cara Penanganan Ikan Di Darat - Ikan yang baru saja mati di sebut bahan pangan yang berada dalam tingkat kesegaran maksimal dalam hal ini artinya kita hanya bisa mempertahankan tingkat kesegaran  atau menjaga mutu ikan.

Tingkat kesegaran ikan maksimal tersebut atau sampai disitulah tingkat kesegarannya maksimalnya dan sudah tidak bisa ditingkatkan lagi dan kita hanya bisa mempertahankannya. 

Yang terjadi pada ikan hasil tangkapan ikan jika tidak di tangani disaat di atas kapal dengan baik yaitu mutu atau tingkat kesegaran dari ikan tidak dapat dipertahankan karena pasti tubuh ikan akan mendapat luka.

luka pada tubuh ikan cepat di serang oleh bakteri yang menyebabkan kemundururan mutu pada ikan dan apabila ini terjadi maka proses pembusukan akan cepat terjadi pada ikan mengetahui bagaimana cara penanganan ikan di darat maka percuma saja.
Pentingnya penanganan ikan baik di atas kapal maupun di darat mempunyai peranan yang penting dalam menjaga kualitas dan mutu ikan. 
Cara Penanganan Ikan Di Darat
Cara Penanganan Ikan Di Darat

Cara Penanganan Ikan Di Darat


Adapun cara penanganan Ikan di darat anatara lain :

- seluruh aktivitas yang terlibat dalam penanganan ikan haruslah dalam keadaan saniter

Karena apabila semuanya tidak saniter/ bersih maka bakteri bisa berada di mana saja  dan juga kuman penyakit dan ini membahayakan ikan terutama mutu kesegaran ikan ini akan cepat menurun akibat aktivitas bakteri. termasuk di dalam nya wadah, dan Tempat pelangan Ikan.

- Menetapkan 4 Prinsip Penanganan Ikan di atas darat

Cepat

Ikan akan cepat menurun kondisi kesegarannya/ atau mutunya karena pertumbuhan bakteri sangat cepat menggerogoti ikan oleh karena itu kita harus melakukan penanganan dengan cepat supaya kondisi kesegarannya/ mutunya dapat di pertahankan.

Cermat/ hati- hati

Dalam melakukan penanganan ikan di darat kita harus memperlakukan ikan dengan hati- hati pada saat penanganan ikan sedang berlangsung, karena apabila tidak hati hati maka tubuh ikan bisa saja mendapat luka, apabila terdapat luka pada tubuh ikan maka bakteri akan sangat cepat menyerang tubuh ikan melalui luka ini. 

Oleh karena itu kita harus memperlakukan ikan dengan sangat baik supaya tubuh ikan tidak cacat dan tidak mengalami kemunduran mutu ikan segar.

Bersih/ sehat

Ikan cepat menurun mutu kesegarannya dan cepat di serang bakteri apabila pada saat penanganan di atas darat dalam keadaan tidak sehat, wadah yang di gunakan tidak bersih. bukan hanya wadah saja yang perlu di perhatikan pada saat penanganan ikan tapi seluruh yang terlibat dalam penanganan ikan haruslah bersih.

Menerapkan suhu rendah/ dingin

Menerapkan suhu rendah atau dingin sangat dianjurkan pada saat penaganan karena dapat menghambat aktivitas bakteri yang ada dalam tubuh ikan dan menjadikan ikan tetap dalam keadaan segar.

Pentingnya Peranan peranan yang bisa menjaga kualitas dan mutu ikan harus terus di jaga , Baik penanganan ikan di atas kapal maupun penanganan ikan di darat harus selalu sesuai dengan prosedur menjaga mutu ikan Segar

Cara Penanganan Ikan Di Darat

Related Posts:

0 Response to "Cara Penanganan Ikan Di Darat"

Post a Comment