Cara Menggunakan Alat Tangkap Gill Net

Cara Menggunakan Alat Tangkap Gill Net - Alat Tangkap Gillnet merupakan Alat tangkap Yang ramah lingkungan karena Alat Tangkap Gill net Menangkap Ikan dengan Target Spesifik atau tepat sasaran. Untuk mengoperasikan Alat tangkap ini kita harus mengetahui terlebih dahulu atau mengenal jenis jenis alat tangkap gill net berdasarkan target tangkapan dan cara pengoperasiannya.

Nah untuk mengetahui cara menggunakan alat tangkap gill net secara umum kita bisa baca panduan dan teknik nya di bawah ini 


Cara Menggunakan Alat Tangkap Gill Net


Persiapan, 
Cara Menggunakan Alat Tangkap Gill Net

menuju fishing ground, pemasangan jaring (setting), menunggu (drifting), dan penarikan jaring (hauling) . Proses yang dilakukan dalam tahap persiapan adalah proses yang berkaitan dengan merakit dan menyusun alat tangkap gillnet milenium dan kelengkapan untuk operasi penangkapan, yaitu Pelampung umbul dan tali pelampung umbul disiapkan. 

kemudian diikatkan pada ujung jaring gillnet permukaan bagian atas (tali ris atas) batas antara pieces, Tali ris samping masing-masing piece dari dua piece yang bersambung langsung diikat menjadi satu ikatan, Pemberat diikatkan masing-masing sebanyak 2 buah pada ujung jaring gillnet permukaan bagian bawah (tali ris bawah) batas antara piece, Menyusun alat tangkap gillnet permukaan pada bagian tengah sebelah kanan kapal untuk persiapan setting, Memasang tali selambar pada kedua ujung jaring, dan pemasangan pelampung tanda yang telah diberi bendera.

Kapal dengan alat tangkap tsb berangkat dari fishing base menuju fishing ground . Tahap awal dalam pengoperasian adalah penentuan fishing ground, yaitu berdasarkan pada posisi atau koordinat lokasi penangkapan yang telah direncanakan. Waktu yang diperlukan dari fishing base menuju ke fishing ground 3 - 4 jam dengan jarak tempuh antara 3 - 4 mil.

Setting/ Penurunan alat tangkap gill net 

Setelah sampai di fishing ground  tim mulai bersiap di samping kanan kapal untuk proses setting (penurunan jaring) dimulai dengan menurunkan pelampung tanda yang diikatkan pada ujung tali selambar ke laut. Kemudian secara perlahan kapal bergerak mengikuti arah angin dan jaring pun mulai diturunkan pada sebelah kanan haluan kapal.  Dimulai dengan pelemparan pemberat atau badan jaring bagian bawah dahulu kemudian pelemparan pelampung umbul. Pelemparan pemberat dan pelampung harus dilakukan dengan tepat agar jaring tidak terbelit sehingga dapat terentang di perairan. Panjang jaring yang digunakan yaitu sebanyak 10-15 piece. Proses setting ini berlangsung selama ± 60 menit.  Tali selambar terakhir kemudian diikatkan pada kapal agar jaring dapat terpantau dengan baik.

Drifting 

Proses menunggu (drifting) dilakukan setelah penurunan alat tangkap selesai dilakukan. Proses ini dilakukan  ± 9 jam.  Selama proses menununggu salah satu anggota diberi tugas untuk mengawasi dan menjaga kapal dan alat tangkap yang sedang dioperasikan agar terhindar dari gerak atau laju kapal alat tangkap yang sedang berangkat dan akan beroperasi disekitar lokasi operasi penangkapan.

Penarikan jaring (hauling) dilakukan setelah proses menunggu (drifting) selama ± 9 jam . Pada penarikan jaring kapal bergerak maju perlahan sampai pada posisi yang benar sesuai dengan arah arah angin, arah arus, dan posisi jaring kemudian mesin kapal dimatikan. Kemudian jaring mulai ditarik di samping kanan kapal dengan tangan tanpa menggunakan alat bantu penarik. Masingmasing menarik bagian atas jaring, tengah jaring, dan bagian bawah jaring.

Penarikan dimulai dari bagian jaring yang diturunkan paling akhir atau pada tali selambar bagian jaring terakhir diturunkan yang diikatkan ke kapal. Apabila pada saat penarikan Alat tangkap Ikan terdapat ikan yang terjerat maka tim langsung melepaskan ikan tersebut dari jeratan jaring dan meletakkannya pada bagian samping kiri kapal, setelah itu melanjutkan penarikan jaring kembali.

Penarikan alat tangkap Gill Net

Waktu yang dibutuhkan untuk sekali penarikan jaring (hauling) berkisar antara 60 - 70 menit. Bergantung kepada banyaknya ikan yang tertangkap dan sampah-sampah yang tersangkut pada jaring.

Begitu lah sekilas Gambaran Umum Tentang Cara menggunakan alat tangkap Gill Net Secara sederhana

Related Posts:

0 Response to "Cara Menggunakan Alat Tangkap Gill Net"

Post a Comment