Cara Fermentasi Ikan Peda.

Cara Fermentasi Ikan Peda - Untuk Menghasilkan Kualitas Ikan Peda yang Baik maka di perlukan fermentasi yang sesuai. Dalam Proses fermentasi ada hal hal yang perlu di perhatikan. Dan Setiap Prosedur dalam fermentasi ikan peda di harapkan sesuai dengan takaran pemberian garam dan waktu penyimpanan.

Ikan Peda yang berkualitas baik setidaknya mempunyai bau yang enak dan mempunyai daging yang empuk serta warna ikan peda yang sedikit kusam itu adalah pengaruh dari proses fermentasi yang baik.

Lantas bagaimana prosedur dalam fermentasi ikan peda.

Cara Fermentasi Ikan Peda
 Cara Fermentasi Ikan Peda


Fermentasi Ikan Peda adalah proses penguraian daging ikan untuk di awetkan dengan atau oleh enzim yang akan memberikan hasil yang menguntungkan. Enzim ini akan mengurai daging ikan yang akan di proses.

Proses fermentasi sama dengan proses pembusukan, tetapi di dalam proses fermentasi ini menghasilkan zat-zat yang memberikan rasa dan aroma yang spesifik dan cenderung tidak berbau busuk. 
Hal hal yang berpengaruh dalam proses Terjadinya fermentasi memerlukan syarat-syarat sebagai berikut : 
-Suasana lembab, 
- Adanya oksigen dalam jumlah terbatas / semi aerob 
- Adanya Penggunaan garam.

Cara Fermentasi Ikan Peda cukup Mudah, langkah tersebut dengan mencampurkan garam dengan ikan denga dua kali penyimpanan. 

Penyimpanan pertama selama satu minggu, Ikan di campur garam
Penyimpanan kedua selama dua minggu, Ikan penyimpanan pertama di bongkar dan di bersihkan. Lalu di simpan lagi dengan di atasnya di kasih garam.

Adapun pengunaan atau pemakaian garam untuk fermentasi ikan peda berdasarkan ukuran berat ikan. Prosentasinya antara 25 - 30 persen .

Cara Fermentasi Ikan Peda.

Related Posts:

0 Response to "Cara Fermentasi Ikan Peda."

Post a Comment