Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang (PIP) Semarang

Perguruan Tinggi Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang (PIP) Semarang - Politeknik Ilmu Pelayaran yang ada di Semarang ini merupakan sekolah pendidikan tinggi negeri milik Departemen Perhubungan Republik Indonesia. 

Dalam sejarahnya  Pendidikan Pelayaran Semarang Sejarah Sekolah Pendidikan Ilmu Pelayaran PIP Di Kota Semarang sempat beberapa kali ganti nama sesuai perkembangan dan kemajuan yang ada di seluruh komponen yang ada di PIP Semarang.

PIP semarang
PIP Semarang
Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang mengemban tugas untuk mendidik juga melatih para pemuda-pemudi untuk lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di bidang pelayaran dan kepelabuhan (kantor pelayaran semarang ) . 

Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang

Para siswa yang belajar di PIP Semarang akan di didik menjadi seorang Perwira Pelayaran Besar dan Insya Allah akan menjadi seorang Tenaga Ahli Angkutan Laut/Kepelabuhaan. Selain itu jug untuk memenuhi kebutuhan armada angkutan laut pada sub sektor perhubungan laut.  

Tempat Lokasi PIP Semarang

Tempat Lokasi Perguruan Tinggi Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang (PIP) Semarang:
  
Alamat: Jl. SingosariNo 2A Semarang 50242
Nomor Telepon: 024 8311527, 8311528
No Faks: 024 8311529
Website: www.pipsmg.ac.id
E-mail: pipsmg@pipsmg.ac.id

Sejarah PIP Semarang

Berikut ini sejarah perkembangan dari Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang atau PIP Semarang (BACA Sejarah Pendidikan Pelaut Di Indonesia Pendidikan Akademis Pelaut dan Hirarki di Kapal )  :

1.Pada Tahun 1951 hingga tahun 1955 PIP Semarang bernama Sekolah Pelayaran Semarang disingkat SPS.

2.Pada Tahun 1955 hingga tahun 1975 menjadi Sekolah Pelayaran Menengah Semarang disingkat SPM Semarang

3.Pada Tahun 1974 hingga tahun 1981 menjadi Pendidikan Pariwira Pelayaran Besar disingkat P3B Semarang

4.Pada Tahun 1979 hingga tahun 1995 menjadi Balai Pendidikan dan Latihan Pelayaran (BPLP) Semarang dengan program Strata A (Diploma III) dengan lama pendidikan 3 tahun
5.Pada Tahun 1995 masih tetap bernama BPLP Semarang, tetapi program pendidikannya ditingkatkan menjadi Diploma IV (setara Sarjana/S1) dengan Politeknik Ilmu Pelayaran pendidikan 4 tahun.

6.Pada Tahun 1999 berdiri Politeknik Ilmu Pelayaran berdasarkan PIP SEMARANG hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Perhubungan No. KM. 81 Tahun 1999 Tgl. 13 Oktober 1999 tentang Organisasi dan Tata Kerja PIP.

PIP Semarang setiap tahunnya telah meluluskan ratusan lebuh pelaut baik melalui diklat reguler maupun Lulusan lulusan taruna dan taruni dari PIP Semarang.

Untuk penyelenggaraan Diklat Pelaut di PIP, Kebanyakan para pelaut akan antri panjang agar bisa mendapatkan kuota dalam penyelengggaraan diklat di PIP Semarang,

Seperti Pada Tahun 2017, Untuk Diklat Jadwal sertifikat di PIP Semarang harus di batasi , mengingat PIP Semarang juga sedang mengadakan diklat pelaut gratis di PIP Semarang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close