Jenis - Jenis Pompa di Atas Kapal Perikanan

Jenis - Jenis Pompa di Atas Kapal Perikanan- Pompa dapat diklasifikasikan menjadi dua bagian, yaitu pompa sentrifugal dan pompa dalam pengoperasian kapal tidak lepas dari penggunaan sistem perpompaan yang ada diatas kapal. 

Pada umumnya pompa diletakkan di dasar ganda ( double bottom ) yang digunakan untuk membantu kelancaran sistem - sistem yang ada diatas kapal seperti sistem ballast, sistem pemadam kebakaran, sistem sanitary, sistem air tawar dan sebagainya. Pada Kapal Perikanan sistem perpompaan sangat di perlukan karena selain untuk yang diatas tadi terkadang penggunaan pompa di perlukan untuk membersihkan deck kapal sebelum dan sesudah melakukan operasi penagkapan ikan. Air yang di hasilkan pompa juga di manfaatkan untuk membersihkan ikan hasil tangkapan sebelum di masukan ke dalam palkah.

Untuk itu, pompa - pompa yang digunakan diatas kapal perikanan tersebut antara lain :

1. Pompa Ballast

Ballast yang ditempatkan pada ceruk haluan dan ceruk buritan yang berfungsi untuk melayani perubahan trim kapal. Pompa air ballast pada kapal perikanan selain di gunakan di saat ada kemiringan akibat ombak juga di gunakan sebagai pengatur kemiringan di saat kapal perikanan sudah memuat hasil ikan. Ikan didalam palkah terkadang beratnya tidak sama antar palkah.

Tangki - tangki ballast dasar ganda dan deep tank diisi dengan ballast berfungsi untuk mendapatkan kondisi draft pada lambung kapal dan menghilangkan kemiringan. Dalam pengoperasian secara sentraslisasi tangki - tangki ballast diisi dan dikosongkan dengan menggunakan pompa yang biasa disebut pompa ballast.

2. Pompa Sanitary

Sistem sanitary digunakan untuk menyingkirkan atau membuang air dari geladak dan juga membuang air yang sudah dipakai dari tempat - tempat mandi, wc, laundry, bar - bar makanan dan minimuman, dapur, dan sebagainya. Dari setiap geladak air mengalir turun ke geladak yang lebih rendah melalui pipa - pipa scupper, dimana akhirnya sampai pada geladak yang paling rendah / akhir diatas garis air dan akhirnya dibuang melalui freeing port yang dipasang pada bulwark. Sistem sanitary ini dilancarkan pengoperasiannya oleh pompa sanitary yang memompa air atau kotoran - kotoran untuk dibuang.

3. Pompa Pemadam Kebakaran

Sistem pemadam kebakaran dapat digunakan untuk semua peristiwa kebakaran untuk memadamkan api diatas kapal, kecuali bila yang terbakar itu batu bara, minyak, atau peralatan listrik. Sistem pemadam kebakaran dikapal adalah sistem sentralisasi ( dipusatkan ) dan dipasang dari pipa tembaga atau pipa yang berdiameter 50 sampai 100 mm. Pipa utama dipasang memanjang sepanjang kapal dan dilengkapi dengan risers ( flens pemadam kebakaran ) yang berjarak tidak lebih dari 20 meter. Paling sedikit 2 risers pemadam kebakaran yang dipasang pada kapal yaitu disisi kapal dalam kamar mesin dan pada ruangan ketel uap.

4. Pompa Air Tawar

Air tawar biasanya diletakkan pada tangki - tangki persediaan ( store tanks ) dan tangki dinas yang berada pada upper deck dan dari tempat inilah air tersebut dialirkan ketempat - tempat yang membutuhkan air tawar dengan bantuan pompa air tawar seperti kamar mandi, wc, dapur, laundry, dan sebagainya melalui pipa - pipa. Seluruh air tawar ini harus berdiri sendiri dan penggunaan pipa - pipa, pompa -pompa dan tangki - tangki air tawar tidak digunakan untuk keperluan lain selain sistem air tawar.

5. Pompa Air Tawar Pendingin Mesin Induk

Air yang digunakan untuk mendinginkan mesin induk biasanya diletakkan pada tangki yang ada di double bottom. Dan untuk melancarkan sistem ini digunakan pompa air tawar yang diletakkan di double bottom yang kemudian dialirkan kekamar mesin. Sistem ini dipisahkan dari sistem air tawar untuk keperluan air minum.

6. Pompa Minyak Pelumas

Minyak pelumas disimpan pada tangki minyak pelumas yang terletak pada double bottom yang berada dibawah kamar mesin. Untuk mengalirkan minyak pelumas ke mesin induk maupun mesin bantu digunakan pompa minyak pelumas yang juga diletakkan pada double bottom.

7. Pompa Bahan Bakar untuk Tangki Induk dan Tangki Harian

Bahan bakar disimpan dalam tangki bahan bakar yang berada di double bottom dibawah kamar mesin dan untuk mengalirkannya ke tangki induk dan harian digunakan pompa bahan bakar yang juga diletakkan di double bottom. Pompa bahan bakar untuk tangki induk dan tangki harian dipisahkan penggunaannya untuk menjaga efisiensi dari pompa tersebut dalam mengalirkan bahan bakar.

8. Pompa Drainase

Pompa drainase ini diletakkan pada double bottom dimana sistem drainase atau sistem pengeringan diatas kapal ini digunakan untuk keperluan pengeringan diatas kapal.

close
Jenis - Jenis Pompa di Atas Kapal Perikanan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nina aysiana runny

1 komentar: