Alat tangkap Cantrang

Alat tangkap Cantrang 

Jenis alat tangkap ang saat ini menjdai polemik. Dimana cantrang selama ini dikenal sebagai alat tangkap favorit bagi nelyan khususnya nelayan pantura. Alat tangkap cantrang termasuk dalam klasifikasi alat tangkap ikan pukat tarik.
Keberadaan pukat tarik saat inifilarang dengan adanya Permen 02 tahun 2015. Selain pukat tarik ang diaturbdalam pemen tersebut juga ada pukat hela.

Untuk definisi alat tangkap cantrang termasuk dalam golongan danish seine dan bentuk dari alat tangkap cantrang menyerupai alat tangkap payang. Tetapi ukurannya lebih kecil dari ukuran payang.

Hasil tangkapn dari alat tangkap cantrang adalah ikan ikan dasar atau ikan demersal. Dan kebanyakan ikan demersal mempunyai nilai ekonis yang tinggi.

Untuk pengertian danish siene sendiri adalah golongan alat penangkap ikan yang cara operasinya menarik jaring tanpa menggunakan papan pembuka ( other board ). Berbeda dengan alat tangkap trawl yang mempunyai other board yang berfungi untuk membuka mulut jaring. 

Bagian Bagian dari alat tangkap cantrang antara lain :

- Kantong Jaring ( Cod end )

 Bagian ini mempunyai fungsi sebagai tempat berkumpulnya hasil tangkapan dimana di ujung kantong terdapat tali pengikat yang di lepas setelah jaring di angkat ke atas kapal.

Untuk bahan dari kantong jaring cantrang adalah polyethylene dena ukuran mata jaring antara 1 inchi.

- Badan Jaring

Bagian dari jaring cantrang yang mempunyai ukuran paling besar.  Badan jaring mempunyai fungsi menghubungkan antara bagian kantong ( Cod end ) dengan Sayap jaring. 

Badan jaring cantang juga berfungsi untuk mengupulkan ikan sebelum masuk kedalam kantong.

Untuk ukuran dari badan jaring cantrang di kisaran 2 - 3 inchi dan terbuat dari bahan polyethelene.

- Sayap Jaring Cantrang

Fungsi sayap jaring adalah untuk menghadang ikan agar memasuki badan jaring yang pada akhirnya akan berkumpul di kantong. Sayap jaring adalah bagian cantrang yang merupakan sambungan badan jaring sampai tali penarik atau tali selambar.

- tali selambar

Bagian ini mempunyai fungsi menarik jaring. Dalam penarikan biasanya alat tangkap cantrang di bantu dengan mesin penarik berupa gardan. Panjang dari tali selambar bisa mencapai 100 meter.

Itulah sedikit artikel tentang Alat Tangkap CantrangCantrang. Semoga  bisa bermanfaat memberi gambaan tentang polemik cantrang

Alat Tangkap Cantrang






Related Posts:

0 Response to " Alat tangkap Cantrang "

Posting Komentar