Perikanan Di Belanda

Perikanan di belanda - perikanan saat ini adalah penompang ekonomi di dunia. Negara negara berkembang yang dulunya menerapkan ekonomi agraria di pertanian kini telah melirik dan mengeksploitai perikanan sebagai salah satu penompang akan kebutuhan pangan dan penompanh industri perikanan. Negara di eropa pun kini sudah banyak menerapkan peraturan peraturan yang ketat dalam hal produk perikanan maupun tata kelola penangkapan dan budi daya perikanan. Tak terkecuali belanda yang kini gencar dalam meningkatkan produk perikanan.
perikanan belanda memang kini sedang gencar gencarny dengan potensi laut di sebelah utara. Bahakan kementrian belanda pada tahun lalau telah ekerja sama dengan kementrian kelautan dan perikanan menteri susi pudjiastuti. Dalam kontrak kerja sama tersebut kementrian perikanan belanda terus mendukung indoesia dalam hal perikanan berkelanjutan, penegakan hukum terhadap praktek ileggal fishing dan meningkatkan kualias da kuantitas produk perikanan indonesia.

Belanda adalah negara yang kecil dan di kelilingi lautan. Secara history belanda dan indonesia sudah saling terkait. Apalagi dari segi perikanan maka kerja sama perikanan belanda dan indonesia.

Perikanan belanda sudah banyak terkenal di wilayah eropa sebagai negara penghasil kerang kerangan terbesar di uni eropa. Tingkat konsumsi ikan di negara belanda juga terbilang tinggi.Dengan peralatan yang modern dan SDM yang mumpuni Budi daya kerang menjadi andalan di negara belanda.

Selain kerang - kerangan, perikanan belanda juga mengembangkan budi daya rumput laut. Belanda sadar permintaan akan produk rumput laut sangat besar dan rumput laut bisa di gunakan dan diolah dalam berbagai produk yang lainnya.

Budidaya perikanan pada masa kini telah mengubah persepsi masyarakat bahwa sumberdaya laut bukan hanya untuk dikonsumsi tapi juga harus dibudidayakan untuk mendapatkan nilai ekonomis yang maksimal dan berkelanjutan. Apalagi perikanan belanda dalam hal penangkapan ikan kekuranan armada dan SDM.

Budidaya perikanan juga sangat membutuhkan inovasi teknologi yang efektif dan efisien serta peraturan pemerintah yang dapat melindungi kestabilan ekosistem. Dengan meningkatnya aktifitas budidaya perikanan di Belanda, hal ini juga sudah perlahan mulai berdampak pada perekonomian Belanda karena selain meningkatkan produksi perikanan dengan input yang minimal, hal ini juga mengurangi tingkat pengangguran negara karena semakin banyak perusahaan swasta yang mulai beralih ke bidang ini.

Inovasi Belanda dalam budidaya perikanan telah mengalami peningkatan yang pesat. Hal ini dibuktikan dengan status Belanda sebagai eksportir perikanan terbesar ke 10 dibawah Denmark dan Spanyol. Jika Belanda dapat memberikan inovasi yang luar biasa dalam mengatasi kondisi geografis dimana daratan yang lebih rendah dibanding lautnya (Netherland), maka bukanlah hal yang mustahil jika Belanda akan terus memberikan inovasi yang luar biasa di bidang budidaya perikanan. Dengan sumberdaya perikanan yang melimpah khususnya species kerang-kerangan (shellfish) dan kondisi laut yang sehat, hal ini menjadi sebuah keuntungan tersendiri bagi perikanan belanda.

Semoga ke depan perikanan belanda bisa selalu bekerja sama lebih intens dengan perikanan dan kelautankelautan indonesia.

Sumber Penyuluh Perikanan

close
Perikanan Di Belanda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nina aysiana runny

1 komentar:

  1. Harusnya tuh belanda membantu indonesia dalam mengembangkan dan memajukan perikanan indonesia. Karena bagaimanapun, belanda bisa kaya sepeeti sekarang karena indonesia pernah menjadi bagian sejarah

    ReplyDelete