Mengenal Mangrove : Avicennia eucalyptifolia

Nama Setempat : Tidak diketahui.

Deskripsi Umum : Semak atau pohon dengan ketinggian mencapai 17 meter. Kulit kayu luar halus bercoreng-coreng, berwarna coklat kekuningan atau hijau, mengelupas pada bagian-bagiannya yang tipis. Kulit kayu bagian dalam berwarna seperti jerami padi sampai coklat pucat. Kayu berwarna putih sampai seperti jerami.

Pohon Avicennia eucalyptifolia
Daun : Permukaan bagian atas hijau muda sampai hijau tua atau hijau kecoklatan dan kuning kehijauan pada bagian bawah. Unit & Letak: sederhana, berlawanan. Bentuk: bulat memanjang. Ujung: meruncing. Ukuran: 4-16 cm x 1-4 cm.


Daun Avicennia eucalyptifolia
Bunga : Tandan bunga membesar di ujung dengan panjang sampai 2,5 cm. Bunga berdiameter 3-4 mm. Letak: di ujung. Formasi: bulir. Daun Mahkota: warna putih, kuning atau merah muda. Kelopak Bunga: hijau pucat, panjang 2-5 mm, bagian luar berambut pendek. Benang sari: berwarna ungu tua hingga coklat.

Buah : Setengah bagian atas dari bakal buah memiliki bulu. Buah berwarna kuning kehijauan, tidak memiliki mulut buah yang nyata. Ukuran: Panjang kurang dari 3 cm.

Ekologi : Tumbuh di pulau-pulau lepas pantai yang berkarang, dan juga pada bagian pinggir atau tengah daratan dari rawa mangrove. Seperti jenis lain pada genus ini, mereka seringkali bersifat vivipar.

Penyebaran : Tercatat di Irian Jaya dan PNG.

Kelimpahan : Umum.

Manfaat : Digunakan sebagai kayu bangunan dan kayu bakar.

Catatan : Bunganya mirip bunga Avicennia marina.

Sumber : Panduan Pengenalan Mangrove Indonesia.2006.

Semoga Bermanfaat...

close
Mengenal Mangrove : Avicennia eucalyptifolia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nina aysiana runny

0 komentar:

Post a Comment