Mangrove Aegialitis annulata R.Br.

Mangrove Aegialitis annulata R.Br.

Nama setempat : Tidak tahu.

Deskripsi umum : Semak kecil, umumnya memiliki ketinggian 1,5-3 meter, kadang-kadang dijumpai sebagai pohon sampai 7 meter tingginya. Biasanya memiliki akar yang menjalar pada permukaan tanah, dan ranting dengan goresan berbentuk cincin. Kadang-kadang memiliki akar tunjang. Kulit kayu bagian luar berwarna hitam, halus dan kemudian bercelah sejalan dengan bertambahnya umur. Diameter batang sampai 20 cm, bengkak pada bagian pangkal dan memiliki tekstur seperti busa.
Pohon Aegialitis annulata R.Br


Daun : Terdapat lobang longitudinal dan kelenjar garam. Gagang daun panjangnya 8 cm. Unit & Letak: sederhana & bersilangan. Bentuk: lanset seperti pedang. Ujung: meruncing. Ukuran: 6-9 x 2-5 cm.
Daun Aegialitis annulata R.Br
Bunga : Tandan bunga yang asimetris memiliki banyak bunga. Letak: di ujung tandan/tangkai bunga. Formasi: payung (ada banyak bunga). Daun Mahkota: 5; putih kadang abu-abu pucat, tumpang tindih; 5-8 mm. Kelopak Bunga: 5; bentuk tabung; 7-8 mm.
Bunga Aegialitis annulata R.Br
Buah : Buah berbentuk kapsul melengkung, memiliki 5 sudut, berwarna kemerahan ketika telah matang. Ukuran: 3-4 x 4-5 cm.
Buah Aegialitis annulata R.Br
Ekologi : Tumbuh pada daerah mangrove terbuka sebagai individu yang terpisah atau dalam kelompok kecil. Juga tumbuh pada daerah yang lebih berpasir dan berkarang serta tergenang oleh air dengan salinitas yang sama dengan air laut (pada akhir musim kering). Penyerbukan dilaporkan dibantu oleh semut. Di Australia, perbungaan terjadi pada bulan September - November, sedangkan buah yang matang tumbuh pada bulan Januari - Maret.

Penyebaran : Kepulauan Sunda kecil, Maluku, PNG dan Australia Utara.

Kelimpahan : Umum.

Manfaat : Memiliki kandungan tanin yang sangat tinggi, akan tetapi penggunaannya belum pernah dilaporkan.

Catatan : A. annulata dan A. rotundifolia memiliki daerah penyebaran yang tidak bersambung. A. rotundifolia terdapat di Bangladesh, Burma, Thailand dan Kepulauan Andaman, pada mangrove yang rendah dengan substrat lumpur. Bunga dari kedua jenis tumbuhan ini memiliki perbedaan karakteristik yang tidak terlalu penting.

Sumber : Panduan Pengenalan Mangrove Indonesia.2006. Mangrove Aegialitis annulata R.Br.

Silhkan di share untuk berbagi ilmu

Semoga Bermanfaat...

Related Posts:

0 Response to " Mangrove Aegialitis annulata R.Br. "

Post a Comment