perikanan bisa menjadikan indonesia sejahtera

Sektor perikanan baru mulai diperhitungkan saat masih dipimpin era pemerintahan abdulrahman wahid gusdur. Pandangan gusdur tentang perikanan tidaklah keliru dengan memecah perikanan dari departemen pertanian kala itu. Sedikit demi sedikit perikanan telah banyak menyumbang penghasilan kepada negara.
Wajar bila perikanan masih dibawah pertambangan atau kehutanan dalam hal menyumbang penghasilan tetapi dengan memiliki menteri yang berasal dari kalangan pengusaha. Bukan tidak mungkin perikanan akan menjadi salah satu kementrian yang menyumbang ke negara paling besar.



Tindakan ke arah menjadikan kementrian penyumbang terbesar ke negara bisa kita lihat dengan menjaga keberlangsungan sunber daya ikan dan mengundang investor untuk membangun pabriknya di dalam negeri.
Belum lagi penguatan armada armada kecil yang tahun depan rencanannya akan mendapat bantuan dari kementrian dari kapal beserta alat tangkapnya.

Keyakinan bahwa perikanan bisa menjadikan indonesia lebih sejahtera karena indonesia bisa meningkatkan produksi penangkapan ikan dan bisa membudidayaka ikan . Selain itu masih banyak produk produk kelautan dan perikanan yang belum teroptimalkan untuk menjadikan perikanan dan kelautan salah satu pilar penyangga pembangunan di indonesia.
Apabila pemerintah bersama sama dengan nelayan dan pengusaha mampu duduk bareng untuk mengelola perikanan secara struktur maka dalam waktu dekat perikanan indonesia akan menjadi perikanan no 1 di dunia dan bukan tidak mungkin perikanan akan menjadi penyumbang devisa terbesar untuk pembangunan.

Related Posts:

0 Response to " perikanan bisa menjadikan indonesia sejahtera "

Post a Comment