Pendinginan Ikan Dengan Udara Dingin

Ruang Control Mesin Pendingin Kapal Perikanan
Pendinginan Ikan Dengan Udara Dingin Sudah Banyak di gunakan pada kapal Perikanan. Dan kebanyakan Para nelayan menyebutnyua dengan istilah pendingan Freezer. Dan Kebanyak pada perjalanan nya penggunakan Pendinginan Ikan dengan Udara Dingin di mulai dari alat tangkap Trawl Udang.
Dalam perkembangannya penggunaan pendinginan okan dengan udara dingin mulai berkembang di wilayah pantai utara jawa dimana perkembangan nya terjadi pada kapal dengan alat tangkap Purse seine, Cantrang dan Pancing Cumi. Pola yang pada sebelumnya Menggunakan Pendinginan Ikan dengan es sedikit demi sedikit sudah banyak di tinggalkan.



Prinsip yang dianut sama seperti pada pendingin dengan menggunakan es. Udara dingin dibuat dengan mesin pendingin dan disemprotkan ke dalam ruangan dimana ikan disimpan.
salah satu pendingin utuk produk perikanan dan pertanian
Udara dingin tidak cepat mendinginkan ikan bahkan cenderung merusak ikan yakni ikan mengalami kekeringan (dehidrasi) yang berakibat ikan menjadi kering / berkerut, warnanya kusam dan terjadi penyusutan berat. Untuk itu pendinginan dengan udara dingin ini diperlukan es untuk mendinginkan ikan dengan cara dicampur atau permukaan ikan ditutup dengan es.

Sumber : Modul Teknologi Hasil Perikanan

Semoga Bermanfaat...

Related Posts:

0 Response to " Pendinginan Ikan Dengan Udara Dingin "

Post a Comment