Obat Herbal Alami Untuk Mengobati Penyakit Ikan

Obat Herbal Untuk Ikan - Upaya Mencegah dan mengobati penyakit pada ikan kerap kadang menggunakan obat kimia. Padahal penggunaan obat kimia selain harganya mahal juga bisa merugikan konsumen.

Akhir akhir ini para pembudidaya ikan mulai beralih kepada pengobatan secara alami. Selain murah , Obat herbal juga mudah dan bisa di buta sendiri.

Namun tujuan dan harapan untuk mendapatkan keuntungan yang banyak sering terkendala oleh masalah penyakit dalam proses produksi yang mengakibatkan penurunan target produksi, 

kerugian dan bahkan kegagalan usaha budidaya kebanyakan di akibatkan oleh penyakit dan kematian ikan.Salah satu upaya pencegahan dan pengobatan penyakit ikan bisa menggunakan tanaman obat


Tanaman obat untuk mencegah penyakit ikan termasuk obat yang relatif lebih aman untuk lingkungan dan efektif dalam mengobati penyakit ikan dapat menggunakan bermacam-macam tanaman obat tradisional.

Obat Herbal Untuk Ikan

Obat Herbal Untuk Ikan
BAGIAN TUBUH IKAN
Banyak sekali jenis tanaman yang mengandung senyawa yang bersifat antimikroba, sejumlah tanaman mengandung senyawa bersifat bakterisidal (pembunuh bakteri), dan bakteristatik (penghambat pertumbuhan bakteri), di samping itu harga nya pun murah serta mudah di dapatkan.

Ikan  merupakan  salah  satu  sumber  protein hewani  yang terjangkau  oleh hampir sebagian besar lapisan  masyarakat.  Dalam Budidaya Ikan , masalah penyakit dan hama menjadi salah satu hambatan dalam kesuksesan. Tetapi Hambatan tersebut biasanya pembudidaya ikan akan berinovasi menciptakan resep obat herbal untuk Ikan.

Selain mengandung banyak asam amino esensial, ikan juga mengandung omega-3, ornega-5  dan omega-6 yang berperan  dalam mengontrol kadar kolesterol dalam  darah serta  untuk pertumbuhan otak terutama bagi balita dan anak - anak. 

Peningkatan produksi  pada usaha  budidaya ikan,  diharapakan tidak hanya menjamin ketersediaan sumber protein hewani asal ikan; tetapi sekaligus meningkatkan kesejahteraan seluruh komponen yang terlibat dalam proses produksi, terutama pembudidaya ikan. 

Manfaat penggunaan Obat Herbal Ikan

Dari beberapa percobaan fitofarmaka tanaman terbukti manjur dalam mengatasi penyakit ikan gurami antara lain:

  • Menjadi bahan alami pengganti antibiotik untuk pengendali penyakit yang disebabkan bakteri.
  • Ramah terhadap lingkungan, mudah hancur/terurai, dan tidak menyebabkan residu pada ikan dan manusia.
  • Mudah diperoleh dan tersedia cukup banyak, serta harganya yang ekonomis dan cukup murah.
Beberapa tanam obat yang dapat digunakan sebagai pencegahan dan pengobatan penyakit ikan adalah sebagai berikut  :

1. Akar Kuning
2. Babandotan
3. Rumput Bermuda
4. Bawang Putih
5. Ciplukan
6. Gadung
7. Gamal/Liridiyah
8. Krokot/Gelang
9. Jambu biji
10. Jintan Hitam
11. Jombang
12. Daun Kelor
13. Ketapang
14. Kipahit
15. Kirinyuh
16. Kucing - Kucingan
17. Kunyit
18. Lampesan
19. Mahkota Dewa
20. Mengkudu
21. Meniran
22. Merica
23. Mimba
24. Mindi
25. Orang - Aring
26. Paci - Paci
27. Rumput Teki
28. Pakis Giwang

Kesemua Jenis Obat Herbal dari tanaman Sangat Manjur apabila di gunakan Untuk mengatasi Penyakit Pada Ikan. Sebagai Pembudidaya Ikan Baik Itu Budidaya ikan air laut , budidaya ikan air payau, atau Budidaya Ikan Air Tawar harus Pandai dalam menangani Penyakit Pada Ikan Yang di Budidayakan.

Manfaat daun pepaya Untuk Ikan

Penggunaan Daun pepaya untuk kesehatan ikan sudah banyak di gunakan masyarakat. baik Untuk Budidaya ikan lele, ikan nila, ikan gurame dan ikan mas.

Manfaat Daun Ketapang Untuk Ikan

Penggunaan Daun Ketapang Juga Bisa mengobati beberapa Budidaya ikan, Dimana Daun Ketapang akan mereduksi air dan kotoran di wadah air.


Obat Herbal Untuk Ikan
Semoga Bermanfaat...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close