Mantap , 13 Manfaat Ikan Tuna Bagi Kesehatan

Ikan tuna adalah ikan pelagis yg hidup di bahari yang memiliki nama latih thunnus sp. Ikan tuna mempunyai kandungan protein yg tinggi & rendah lemak. Kelompok ikan tuna mempunyai daging yg banyak buat ikan normal bagan yang dapat dimakan berkisar 45-50% sedangkan ikan tuna dapat dimakan antara 50-60% menurut total berat badannya.

Ikan tuna mengandung protein 22,6 - 26,2 g/100g daging. Lemak antara 0,dua-2,7 g/100 g daging. Disamping itu ikan tuna mengandung mineral kalsium, fosfor, besi dan sodium, vitamin A9retinol) & vitamin b (thiamin, riboflavin dan niasin).

Ikan Tuna yg hidup di laut dalam, adalah sumber nutrisi yg baik bagi tubuh manusia. Jenis Ikan Tuna yang di laut dalam seperti Ikan Tuna Mata Besar atau Big Eye. Daging ikan Tuna kaya akan protein & nutrisi krusial lain misalnya mineral selenium, magnesium, dan potasium, vitamin B kompleks dan omega-3. Berikut ini sejumlah manfaat ikan tuna bagi kesehatan :

1. Kesehatan Jantung

Ikan tuna banyak mengandung Omega 3, dengan menggunakan omega-3nya yang tinggi sangat berguna buat menjaga fungsi jantung. Omega-3 menaikkan rasio konsentrasi HDL atau kolesterol baik pada tubuh, menekan terjadinya pembekuan darah dalam pembuluh darah, dan menjaga ritme detak dalam jantung.
Sangat baik apabila di konsumsi secara teratur setiap hari maka resiko serangan jantung akan lebih terminimalisir.

2. Mencegah Kanker

Ikan tuna dapat jua berperan untuk mencegah kanker, antara lain kanker ovari, kanker pankreas, dan jenis kanker yg menyerang saluran pencernaan lain (kanker ekspresi, faring, esophagus, perut, & usus). Kandungan omega-3 yang berlimpah pada tuna jua bermanfaat buat mencegah kanker payudara & menurunkan risiko terkena leukimi. Untuk wanita sangat di anjurkan agar mengkonsumsi ikan tuna.

3. Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak

Omega-tiga yang terdapat pada ikan tuna bisa membantu menaikkan fungsi mengingat atau fungsi kognitif otak, sebagai akibatnya bisa terhindar menurut penyakit degenarasi fungsi otak seperti Alzheimer lantaran membantu memperlancar suplai darah berdasarkan tubuh ke otak. Omega-tiga pula menurunkan resiko inflamasi, memperantarai signal aga r dapat diterima oleh otak, dalam orang yang menderita Alzhemeir akan mengalami gangguan pada hal penyampaian signal atau impuls ke otak.

4. Meningkatkan Respon Hormon Insulin

Ikan tuna juga disarankan dikonsumsi bagi penderita diabetes tipe-dua, karena kandungan lemak omega-3nya yg melimpah. Berbagai penelitian menyarankan, omega-3 pada ikan tuna dapat mencegah menurut kegemukan dan menaikkan respon hormon insulin pada tubuh. Asam lemak omega 3 yang populer dengan nama EPA inilah yang membantu meregulasi berat badan dan pula metabolisme tubuh dengan mensekresi hormon leptin.

5. Membantu proses Detoksifikasi

Selenium beserta dengan omega-3 yang terkandung pada ikan tuna, merupakan bahan bakar krusial buat produksi gluthathione peroxidase jenis antioksidan. Antioksidan inilah yang berfungsi krusial buat kesehatan hati yang berperan buat detoksifikasi. Selenium jua berperan buat mencegah kanker dan penyakit jantung.

6. Ikan Tuna Rendah lemak

Sebagian besar  ikan-ikanan (ikan berdaging putih) maupun sebagian ikan berdaging gelap misalnya tuna sirip kuning ataupun sebagian jenis kerang dan makanan bahari lainnya mempunyai kandungan total lemak yang paling rendah dibandingkan asal protein hewani lainnya

7. Mengurangi Kolesterol

Ikan mempunyai kandungan lemak jenuh paling sedikit dibandingkan menggunakan protein hewani lainnnya misalnya halnya ayam, daging atau bahkan udang dan lobster. Dimana lemak jenuh mempunyai kiprah paling aktif meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

8. Mengurangi Peradangan & Sakit Sendi

Dari asam lemak omega-tiga ikan tuna, salmon, makarel, sarden juga tuna dapat pula mengurangi risiko peradangan & sakit persendian. Terutama minyakikan, memiliki sifat anti-inflamasi. Oleh karenanya, ikan efektif dalam mengurangi peradangan pada darah dan jaringan. Asam lemak omega-3, khususnya EPA, poly ditemukan dalam minyak ikan dan memiliki efek yg sangat positif pada respons inflamasi sehingga sangat membantu pada mengurangi radang sendi, prostatitis
(radang prostat), & sistitis.

9. Minyak Ikan buat Janin & Bayi Menyusui

DHA jua sangat bermanfaat bagi perkembangan otak bayi. Ikan seperti tuna, makarel, & sarden mampu menjadi pilihan yg rupawan buat hamil dan menyusui.

10. Untuk Nutrisi Otak

Kandungan asam lemak omega-tiga pada pada ikan pula sangat penting untuk otak. Dimana asupan nutrisi tersebut sangat diharapkan bagi yang tinggal pada perkotaan akbar buat stamina otak.

11. Menurunkan tekanan darah

Minyak ikan sangat berguna buat menurunkan tekanan darah, tetapi peran mereka pada pencegahan belum jelas. Namun, mengasup poly minyak ikan nir dianjurkan.

12. Kesehatan kardiovaskular

Asam lemak omega 3 yang ditemukan pada ikan sudah terbukti keuntungannya bagi jantung, arteri, dan vena yg membangun sistem kardiovaskular Anda. Konsumsi ikan dapat membantu mencegah penyakit jantung dan gagal jantung dengan mencegah akumulasi trigliserida, mengurangi tingkat trigliserida berlebih, menaikkan HDL (kolesterol baik), dan mencegah pembekuan darah. Studi para ahli berdasarkan Harvard School of Public Health menyimpulkan,makan sampai 2 porsi ikan pada seminggu bisa mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung tiga kali lipat.

13. Mengatasi depresi


Asam lemak omega-3 dalam minyak ikan baik buat mengurangi depresi dan kecemasan. Studi sudah menemukan bahwa rakyat yang mengonsumsi banyak ikan mempunyai tingkat depresi yang lebih rendah.



Related Posts:

0 Response to " Mantap , 13 Manfaat Ikan Tuna Bagi Kesehatan "

Post a Comment