Bakso Rumput Laut

Bakso Rumput Laut
Bakso Rumput Laut - Bakso merupakan produk pangan yang terbuat dari daging atau ikan yang dihaluskan, dicampur dengan tepung, dibentuk bulat-bulat sebesar kelereng atau lebih besar dan dimasak dalam air panas hingga bakso tersebut mengapung.


Masyarakat lebih mengenal bakso sebagai makanan sepinggan yang dihidangkan dengan pelengkap lain seperti mie, sayuran, pangsit, dan kuah. Makanan ini sangat populer dan digemari oleh masyarakat.

Hal ini terlihat dari banyaknya penjual mie bakso, mulai dari restoran sampai ke warung-warung kecil dan gerobak dorong. Harga satu porsi mie bakso sangat bervariasi tergantung dari kualitas baksonya.

Bakso Rumput Laut- Kualitas bakso sangat ditentukan oleh kualitas bahan-bahan mentahnya, terutama jenis dan mutu Ikan, jumlah tepung yang digunakan, atau perbandingannya dalam adonan dan faktor-faktor lain, seperti pemakaian bahan-bahan tambahan dan cara pemasakannya, juga sangat mempengaruhi mutu bakso yang akan dihasilkan. Peralatan yang diperlukan untuk membuat bakso juga bervariasi, mulai dari yang sangat sederhana sampai yang serba mesin. Hal ini tergantung dari skala produksinya, pada produksi bakso berskala besar, pemakaian mesin-mesin akan lebih efektif dan menjamin keseragaman bentuk, ukuran, dan kualitas bakso yang dihasilkan. Untuk produksi berskala rumah tangga, penggilingan ikan dan bumbu dapat dilakukan dengan menyewa mesin penggiling yang banyak terdapat dipasar-pasar, sedangkan pencetakan dan perebusan dapat dilakukan dirumah. Cara inilah yang paling banyak dilakukan oleh pedagang bakso keliling.

Rumput laut dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan salah satunya adalah “bakso”. Rumput laut memiliki kelebihan yaitu dapat digunakan sebagai sumber serat pangan dan iodium yang bermanfaat bagi kesehatan. Seringkali bau amis rumput laut menjadi kendala, namun bila penanganan rumput laut dilakukan dengan benar, maka bau amis tersebut akan hilang. Sebelum diolah menjadi aneka makanan, terlebih dahulu rumput laut dicuci dengan air tawar sampai bersih kemudian direndam dalam air tawar selama semalam dan setelah itu dicuci kembali. Penambahan rumput laut ini dimaksudkan untuk meningkatkan kadar serat dan iodium terhadap bakso yang dihasilkan

BAHAN
  1. Daging ikan 1 kg
  2. Rumput laut 200 gram
  3. Tepung tapioka 150 gram
  4. Garam halus 25 gram
  5. Bawang putih halus 30 gram
  6. Lada halus 5 gram
  7. Air es secukupnya
CARA MEMBUAT
  1. Daging ikan lumat ditambah garam diaduk hingga kenyal.
  2. Tambahkan rumput laut segar cincang, bumbu-bumbu dan aduk hingga rata.
  3. Pada saat pengadonan suhu harus dijaga tetap rendah dengan cara menambahkan hancuran es di baskom.
  4. Adonan dicetak bulat dan dimasukkan dalam air hangat dengan suhu 40 derajat celcius selama 20 menit.
  5. Setelah itu, bakso dimasak lagi pada suhu 90 derajat celcius hingga mengapung.
  6. Angkat dan tiriskan hingga dingin.
  7. Bakso Rumput Laut Siap disajikan atau kemas dengan plastik vakum simpan pada freezer.
Sumber : Materi Pengolahan Hasil Perikanan, BPPP Tegal

Semoga Bermanfaat...

Related Posts:

0 Response to " Bakso Rumput Laut "

Post a Comment