Azolla Pakan Alami Ikan

Azolla Pakan Alami Ikan - Azolla merupakan satu-satunya genus dari paku air mengapung suku Azollaceae. Terdapat tujuh spesies yang termasuk dalam genus ini. Suku Azollaceae sekarang dianjurkan untuk digabungkan ke dalam suku Salviniaceae.

Azolla dikenal mampu bersimbiosis dengan bakteri biru-hijau Anabaena azollae dan mengikat nitrogen langsung dari udara. Potensi ini membuat Azolla digunakan sebagai pupuk hijau baik di lahan sawah maupun lahan kering. Pada kondisi optimal Azolla akan tumbuh baik dengan laju pertumbuhan 35% tiap hari Nilai nutrisi Azolla mengandung kadar protein tinggi antara 24-30%. Kandungan asam amino essensialnya, terutama lisin 0,42% lebih tinggi dibandingkan dengan konsentrat jagung, dedak, dan beras pecah (Arifin, 1996) dalam Akrimin 2002. 


Tanaman Azolla Sp. memang sudah tidak diragukan lagi konstribusinya dalam memengaruhi peningkatan tanaman padi. Hal ini telah dibuktikan dibeberapa tempat dan beberapa negara. Konstribusi terbesar azolla adalah dengan menjaga hasil panen tetap tinggi. Meskipun penggunaannya sebagai pupuk hijau pada tanaman padi masih dilakukan di China dan Vietnam, dengan adanya peningkatan biaya tenaga kerja, membuatnya kurang diminati. Azolla bisa di gunakan sebagai pakan Alamo karena menandung unsure hara yang tinggi.

Meskipun demikian, seiring dengan perkembangan pupuk hijau, penggunaan azolla ini kini lebih banyak dimanfaatkan untuk budidaya perikanan.

SPECIES AZOLLA
  1. Azolla japonica Franch. & Sav. dari Jepang

  2. Azolla filiculoides Lam.

  3. Azolla pinnata R. Br. dari Asia Tenggara, juga dari Afrika

  4. Azolla nilotica Dcne. ex Mett.
  5. Azolla caroliniana Willd., dari Amerika Utara

  6. Azolla mexicana Presl., dari Meksiko

  7. Azolla microphylla Kaulf.


Sumber : Materi Pelatihan Pakan Alternatif

Semoga Bermanfaat...

Related Posts:

0 Response to " Azolla Pakan Alami Ikan "

Posting Komentar