Penangkapan Ikan Dengan Melukai Ikan

Penangkapan Ikan Dengan Melukai Ikan - Jangkauan dan kapasitas manusia untuk meraih ikan yang hidup, baik yang sudah dilumpuhkan atau dengan cara lain dari kejauhan, dibatasi oleh panjang lengannya. 

Implementasi paling sederhana mencapai jangkauan yang lebih jauh dengan maksud memungut atau mengumpulkan hasil tangkapannya adalah dengan menggunakan tongkat (lance atau spear) dengan tujuan agar ikan atau hewan akuatik yang terletak jauh dari tangannya dapat dijangkau atau dikait.

Metoda Penangkapan Ikan Dengan Melukai Ikan  telah dikenal sejak jaman pra sejarah, namun metoda ini masih tetap digunakan pada perikanan konvensional (penangkapan ubur-ubur dengan menggunakan trisula) dan perikanan komersil modern sekarang (penangkapan ikan paus dengan menggunakan harpoon) (Brand, 1984).


1. JENIS SPEAR DAN LANCE

Alat penangkap ikan dengan bentuk yang sangat sederhana dan primitif ini telah dikenal sejak 10.000 tahun yang lalu. Alat ini lebih berkembang pada sport fishing, namun di beberapa Negara alat ini sudah tidak boleh dipergunakan.  
Pada alat tangkap Long line menggunakan alat ini hanya sebagai perlengkapan bantu, yaitu digunakan untuk menangkap ikan yang agar tidak terlepas dari pancingnya. 


Spear dan Lance
Alat Bantu Penangkapan Spear dan Lance

Alat tangkap Spears dan Lance tidak memiliki alat bantu khusus.

Daerah Operasi Spears dan Lance

Daerah operasi spear dan lance yakni di perairan yang sangat dangkal seperti pelataran atoll


Cara Pengoperasian Spears dan Lance


Metoda Penangkapan Ikan Dengan Melukai Ikan dengan alat ini tidaklah mudah, karena adanya refraksi cahaya dari dua media yang berbeda, selain membutuhkan teknik juga pengalaman. Cara pengoperasian alat ini yaitu dengan cara dihujam langsung ke tubuh ikan.

Jenis Ikan Hasil Tangkapan



















2. JENIS FISH PLUMMETS

Di atas telah dijelaskan bahwa tombak hanya  mampu digunakan pada perairan yang sangat dangkal, maka untuk menangkap ikan di perairan yang lebih dalam lagi menggunakan fish plummet.
Fish Plummets
Alat Bantu Penangkapan Fish Plummets
Alat bantu yang digunakan adalah seutas tali.


Daerah Operasi Fish Plummets

Daerah pengoperasian biasa di wilayah yang lebih dalam dari pelataran atoll.


Cara Pengoperasian Fish Plummets

Metoda yang digunakan sama dengan metoda menombak bedanya tangkai tombak diganti dengan seutas tali dengan panjang disesuaikan dengan kedalaman perairan.


3. JENIS FISH COMB

Alat ini dianggap termasuk bentuk dari jenis penggaruk (rake), berbentuk datar, bercabang sejajar mirip dengan sisir rambut.
Penangkapan Ikan Dengan Melukai Ikan
Fish Comb
Alat Bantu Penangkapan Fish Comb
Alat ini tidak memiliki alat bantu


Daerah Operasi Fish Comb

Alat ini sering digunakan oleh nelayan di wilayah perairan payau. Sangat efektif untuk menangkap belut


Cara Pengoperasian Fish Comb

Jaman dahulu sebelum alat dilarang digunakan, alat ini dijatuhkan ke dasar laut dari perahu layar kemudian ditarik sepanjang dasar perairan dengan menggunakan tenaga layar.


Jenis Ikan Hasil Tangkapan

Penangkapan Ikan Dengan Melukai Ikan










4. JENIS PANAH DAN SEJENISNYA


Tombak dalam bentuknya yang kecil disebut panah yang dapat ditembakkan melalui sebuah busur panah. Busur dan tali busur berfungsi sebagai alat pemindah dan melipatgandakan tenaga tangan dan bahu manusia. 

Dengan menggunakan Penangkapan Ikan Dengan Melukai Ikan penggunaan busur panah dapat melesat jauh dengan kecepatan yang sangat tinggi dibandingkan jika panah dilemparkan langsung dengan tangan. Panah untuk menangkap ikan digunakan hampir di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Penangkapan Ikan Dengan Melukai Ikan
Panah dan Sejenisnya
Alat Bantu Penangkapan Panah dan Sejenisnya

Pada bentuknya yang modern panah diberi tali, sehingga entah mengenai atau tidak sasaran panah masih bisa ditarik kembali.


Daerah Operasi Panah dan Sejenisnya


Umumnya ikan yang tertangkap adalah ikan-ikan yang berenang lambat di permukaan. Karena itu daerah penangkapan ikan dengan memanfaatkan panah biasanya dilakukan di daerah yang tenang dan jernih.


Cara Pengoperasian Panah dan Sejenisnya

Memanah ikan dari jarak jauh sangatlah sulit, sering banyak melesetnya. Hal ini disebabkan adanya penetrasi cahaya, refraksi, pengaruh angin, dan gerakan itu sendiri, sehingga memanah memerlukan keterampilan khusus dan pengalaman. Untuk mengatasi hal ini banyak dibuat panah dengan mata jamak (2-3 mata).


Jenis Ikan Hasil Tangkapan

Penangkapan Ikan Dengan Melukai Ikan


















5. HARPOON


Harpoon telah lama menggantikan tombak dan panah, tidak saja pada perikanan skala kecil tapi yang berskala besarpun banyak yang menggunakan harpoon, terutama pada sport fishing dan penangkapan ikan paus. 

Mata harpoon umumnya dapat dipisahkan dari tangkainya dengan jumlah mata 1 – 3 buah, tapi tetap dihubungkan dengan tali. Setelah harpoon mengenai sasaran mata harpoon tertinggal dalam tubuh sasaran sedangkan tangkainya akan terlepas. 

pada pengembangan selanjutnya harpoon dihubungkan dengan tali ke pelemparnya atau ke kapal. Harpoon modern yang ditembakkan dengan menggunakan senapan atau meriam, mata dan tangkainya menyatu (tidak dipisah) (Brand, 1984).

Dalam perikanan komersil sudah tidak digunakan lagi (kelestarian, terutama ikan paus) kecuali untuk penangkapan ikan - ikan tertentu yang memiliki nilai individual yang tinggi seperti ikan paus dan ikan layaran. Penangkapan ikan paus secara internasional sudah dilarang dengan alasan untuk menghindari kepunahan, kecuali Negara Jepang dengan berbagai alasan hingga sekarang masih melakukan penangkapan ikan paus. Hanya penangkapan ikan layaran dan hiu masih banyak dilakukan hampir di seluruh dunia dimulai dari Mediterranean, seluruh pantai Atlantic, sepanjang pantai California, Peru, Chili, Jepang, Taiwan, China, India hingga Afrika.

Penangkapan Ikan Dengan Melukai Ikan
Harpoon

Penangkapan Ikan Dengan Melukai Ikan
Model Harpoon
Alat Bantu Penangkapan Harpoon
Harpoon biasa menggunakan tali yang dikaitkan pada mata harpoon agar sasaran dapat dengan mudah ditarik ke atas kapal.


Daerah Operasi Harpoon

Harpoon dapat digunakan di perairan dangkal maupun perairan dalam.


Cara Pengoperasian Harpoon

Harpoon berbeda dengan tombak entah dilengkapi dengan tali atau tidak, namun keduanya dapat dilemparkan dengan tangan atau menggunakan busur.


Jenis Ikan Hasil Tangkapan

Ikan Paus













6. JENIS SUMPIT DAN BLOW GUN

Umumnya sumpit digunakan untuk berburu burung di hutan belantara. Hanya Thailand, India Selatan dan Filipina yang sering menggunakan alat ini untuk menangkap ikan. Sumpit terbuat dari batang bamboo atau pipa besi. Panjang sumpit sekitar 1,8 meter.

Sumpit dan Blow Gun
Alat Bantu Penangkapan
Pada jaman dahulu untuk berburu hewan besar mata sumpit diberi racun.


Daerah Operasi

Alat tangkap ini biasa digunakan oleh nelayan di pesisir dekat hilir sungai.


Cara Pengoperasian

Mata sumpit dipasang di ujung pipa. Mata sumpit ditembakkan dengan satu hembusan kuat.


Jenis Ikan Hasil Tangkapan

























Penangkapan Ikan Dengan Melukai Ikan

Related Posts:

0 Response to "Penangkapan Ikan Dengan Melukai Ikan"

Post a Comment