Pembuatan Jaring GillNet Millenium

Selamat datang dan salam jumpa bersama Kami di Blog Penangkapan Ikan.
Pembuatan Jaring Gillnet MilleniumSetelah kita membaca postingan  di atas pada Pengenalan jaring milenium, Bagian-bagian jaring Milenium, dan sistim pengoperasian jaring milenium,  maka pada kesempatan ini Penyuluh perikanan akan melanjutkan pembahasan tentang pembuatan jaring Milenium. Sebelum melakukan pembuatan jaring milenium ada beberapa hal pokok yang harus diperhatikan yaitu dengan  menentukan terlebih dahulu jenis, ukuran, swimming layer, habitat perairan dari biota yang akan dijadikan target tangkapan. Setelah hal pokok di atas ditentukan atau diketahui, baru menentukan konstruksi jaring yang disesuaikan dengan hal yang disebutkan di atas.


Bahan jaring
Bahan jaring yang dipakai dalam pembuatan jaring milenium memakai  bahan sintetis seperti nylon multifilament twine. Untuk mengetahui bahan jaring dapat dilihat pada label yang ada pada setiap kemasan bahan jaring yang dijual. Pada setiap label yang ada pada setiap kemasan biasanya tercantum
nama dari jenis bahan, ukuran mata (mesh size-MS), jumlah mata jaring ke  arah panjang (mesh length – ML) dan jumlah mata ke arah dalam (mesh depth– Md)

Ketebalan bahan
Ukuran ketebalan bahan sebaiknya memilih bahan jaring yang berdiameter kecil, kuat dan lunak. Untuk menangkap ikan sebaiknya memakai benang no. 210D. Untuk pemilihan nomor benang yang akan dipergunakan dalam pembuatan jaring milenium disesuaikan dengan pengalaman dan kebiasaan.

Jenis simpul
Simpul mata jaring yang dibuat secara manual sebaiknya mempergunakan jenis simpul trawl knot (english knot) yang maksudnya adalah supaya kedudukan simpul setelah menjadi jaring tidak berobah (stabil).
Sedangkan jaring milenium yang dibuat dengan mesin biasanya pempergunakan jenis simpul plat knot.

Warna bahan
Warna bahan jaring milenium adalah putih. Jaring milenium simpulnya mengandung fosfor menyala di dalam air. Hal ini menarik ikan-ikan yang bersifat fototaksis positif terhadap cahaya, seperti tenggiri, tongkol, maupun ikan-ikan dasar (demersal) lainnya. Pemilihan warna dapat disesuaikan dengan tingkah laku ikan atau disesuaikan dengan keinginan atau keparcayaan nelayan yang akan mengoperasikannya.

Ukuran mata jaring
Ukuran mata jaring (mesh size) sebaiknya disesuaikan dengan ukuran ikan yang akan dijadikan target tangkapan, atau keliling mata jaring yang akan dipakai harus lebih besar dari keliling bagian akhir penutup insang (operculum) dan harus lebih kecil dari keliling badan maksimal (maximum body) dari ikan yang dijadikan target tangkapan.

Presentase kerutan
Sebelum bahan jaring akan dibuat jaring milenium, terlebih dahulu harus ditentukan dulu berapa persen bahan jaring akan dikerutkan pada tali ris atas atau pada tali ris bawah. Setelah itu baru dilakukan pemasangan badan jaring pada tali ris atas dan tali ris bawah. Nilai pengerutan pada bagian tali ris atas sebaiknya nilainya sedikit lebih besar dari pada pengerutan pada bagian bawah.

Cara perhitungan untuk menentukan berapa mata yang harus dipasang pada tali ris atas dan berapa mata yang harus dipasang pada tali ris bawah, dapat dihitung dengan cara perhitungan hang-in ratio, hang-out ratio, hang ratio atau dengan perhitungan hanging ratio.

Demikian dengan tersusunya artikel dalam postingan ini diharapkan menjadi acuan bagi sahabat Penyuluh perikanan dimanapun berada. Sahabat Penyuluh dapat memberikan informasi penting dan bermanfaat bagi nelayan sehingga nelayan mempunyai bekal ilmu pengetahuan dan bagaimana cara membuat serta mengoperasikan jaring milenium. Dengan bekal yang didapat dari penyuluh diharapkan nelayan dapat memperoleh hasil tangkapan yang maksimal dan kesejahteraan nelayan makin meningkat.

Keterangan:
Besar ukuran mata jaring yang besarnya dihitung kali  penambahan panjang kaki jaring (bar). Pengukuran kaki mata jaring diukur dari tengah-tengah ujung simpul yang satu dengan tengah-tengah ujung simpul yang lainnya. Jaring insang yang dalam pengoperasiannya dihanyutkan di perairan, salah satu ujungnya diikatkan pada pelampung tanda atau pada kapal yang mengoperasikannya. Alat yang digunakan untuk mendeteksi keberadaan ikan/gerombolan ikan di suatu daerah penangkapan. Pelampung yang dipasang pada bagian badan jaring Salah satu dari sifat ikan yang selalu menuju/tertarik kearah cahaya pengumpul ikan. Presentase dari panjang jaring yang terpasang pada tali ris dibagi dengan panjang jaring yang direntangkan secara sempurna. Pengangkatan alat tangkap untuk diambil hasil tangkapannya.

Simpul mata jaring
Pelampung yang dilengkapi dengan cahaya  Lampu atau cahaya yang dipergunakan sebagai alat bantu dalam proses pengumpulan ikan di suatu lokasi perairan.
Mesh depth adalah symbol/kode yang artinya menunjukan banyaknya mata jaring kearah dalam yang
jumlahnya 100 mata.
Keliling ikan pada tinggi badan ikan maksimal. Besar keliling ikan pada bagian akhir penutup insang.

Contoh Cara Pembuatan 

  1. Tali ikat pelampung dan tali gantung jarring dibenta ( rentangkan supoaya tali tidak membelit)
  2.  Masukan tali ikat pelampung ke dalam pelampung
  3. Masukan tali gantung jarring ke dalam mata jarring bagian  atas
  4. Kemudian tali ikat pelampung dan tali gantung jarring di ikat menjadi satu,  dimulai dari ujung jarring pada setiap jarak 50 cm sampai ke ujung jarring lainnya.  Pada setiap jarak 150 cm dilakukan pengikatan pelampung dan pada setiap jarak 23 meter di ikat pelampung tambahan.
  5. Kemudian tali ikat batu dan tali jarring bwah di ikat menjadi satu, dimulai dari ujung jarring  pada setiap jarak 50 cm sanpai ke ujung jarring lainnya. Pada setiap jarak 50 cm dilakukan pengikatan batu pemberat dan pada setiap jarak 9 meter diikat pemberat tambahan.  (MEDAN)

Related Posts:

0 Response to " Pembuatan Jaring GillNet Millenium "

Post a Comment