Mutiara laut selatan indonesia, Layak bertarung di Kancah internasional

IPF 2016
Indonesia yang mempunyai karunia keindahan alam juga mempunyai salah satu produk jenis mutiara yang sangat laku di perdagangkan di dunia. Ada  empat jenis mutiara yang laku di perdagangkan dan salah satunya adalah mutiara laut elatan indoneia. Dengan kualitas mutiara yang tak perlu di ragukan lagi sebenarnya mutiara laut selatan sudah layak menjadi perhiasan yang membawa nama bangsa indonesia. Seperti hanya batik yang bisa di akui oleh dunia internaional maka seharunya mutiara laut selatan juga bisa untuk di akui. Memang untuk mendapatkan pengakuan tidak semudah yang dibayangkan. Di perlukan upaya dan kerja keras agar nama mutiara laut selatan indonesia bisa seindah dengan bentuknya. Mutiara laut selatan indonesia ataui Indonesian South Sea Pearl Masih menjadi misteri karena belum terkuak keluar atau terbuka tabirnya kenapa Mutiara laut selatan indonesia tidak menjadi ikon dan kebanggaan bangsa sendiri.



Saat ini sebagai perhiasan dan akesoris seharunya Mutiara khususnya mutiara laut selatan bisa bersaing dengan Berlian, Emas, dan Perak. Karena dari sisi keindahan jelas mutiara lebih unggul. Di perhiasan mutiara emas dan perak di gunakan sebagai aksesoris tambahan agar bisa mempercantik akesoris utama yaitu mutiara laut selatan. Dan dari sisi history perhiasaan mutiara hanya di pakai oleh raja dan pemakaian mutiara pertama kali di gunakan oleh raja xerxes dari persia dan untuk harga satu mutiara kala itu senilai dengan satu kepala manusia.Mutiara laut selatan indonesia memiliki ciri khas yang unik hingga keunikan tersebut sulit untuk di tiru oleh pembudidaya dan penghasil mutiara dari negara lain. Tetapi Ironisnya kualitas dan keunikan dari mutiara air laut indonesia malah di akui sebagai produk negara lain dan kita hanya bisa menjadi penonton di saat produk mutiara air laut selatan kita di hargai murah dan dijual kembali dengan harga mahal dengan mengatasnamakan produk mereka.
Sebenarnya kalau di telusuri kembali bukan salah mereka yang menjadikan produk mutiara laut selatan sebagai produk yang di atas namakan dan di label dengan brand luar negeri. Tetapi kesalahan ada pada kita sendiri. Terkadang masyarakat indonesia masih kurang menghargai akan perhiasaan mutiara air laut selatan dimana bagaimana bangsa lain mau menghargai kalau kita sendiri tidak menghargainya. Di Indonesia memang belum seperti di luar negeri semisal jepang dan amerika. Mereka sudah menganggap bahwa memiliki mutiara selain mempercantik diri, Mutiara adalah investasi yang bisa menghasilkan keuntungan. Kita bisa sedih apabila ada masyarakat indonesia yang tertipu saat membeli mutiara air laut selatan. Mereka kadang tidak mengerti perbedaan bentuk dan jenis antara mutiara air laut selatan dan mutiara air tawar. Dimana dari sisi harga keduanya jelas lebih mahal mutiara air laut selatan. Terkadang banyak juga oknum oknum pedagang nakal yang menjual mutiara air laut selatan palsu karena mutiara yang di jual adalah mutiara air tawar.

Di sini peranan Pemerintah dalam hal ini KKP akan lebih bisa mengedukasi masyrakat indonesia untuk lebih mengenal tentang mutiara baik mutiara air laut selatan maupun mutiara air tawar yang banyak di jual di pinggir jalan dan di jajakan asongan di daerah lombok, NTB. Walaupun sudah banyak hal hal yang di lakukan KKP Terkait dengan peningkatan kualitas dan kuantitas daya saing produk mutiara air laut selatan.

Peranan Promosi Juga menjadikan Brand dan label Mutiara air laut selatan indonesia menjadi lebih kuat dan di ketahui oleh Masyarakat dan dunia internasional. Tidak hanya sekedar seremonial tentang promosi promosi pameran yang selalu di adakan satu tahun sekali. Sebenarnya pameran dalam hal Promosi bisa di lakukan setiap bulan dan roadshow ke daerah dan bahkan biasa keluiar negeri dengan di bantu Duta besar indonesia untuk menjadi agen dalam lebih memperkenalkan tentang mutiara air laut selatan.

IPF 2016
Selain pameran ada satu lagi cara yang bisa di gunakan dan saya rasa cara ini sangat efektif dan efisein. Cara itu adalah mempromosikan Mutiara laut selatan indonesia dengan internet melalui media blog. Mempublikasikan berita tentang mutiara laut selatan indonesia melalui internet dapat tersebar luas melebihi media lainnya. Dalam hal akses informasi, melalui internet pun jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan fax atau pos. Kita semua dapat  mengakses informasi dan menyebarkan informasi dari dan ke penjuru dunia dan juga dapat membuat hubungan secara interaktif dan langsung melalui komputer. Kontak secara interaktif tersebut akan menarik dengan adanya penggunaan chat dan video conferencing. Dan penggunaan media blog juga bisa merambah berbagai komunitas agar bisa mengerti dan mengetahui bahwa mutiara laut selatan indonesia adalah salah satu jenis mutiara terindah di dunia dan hampir 70 persen di produksi di indonesia.

Indonesian south sea Pearl ( ISSP ) semoga kedepan bisa menjadi ikon bagi indonesia. Dan ISSP Mampu bersaing dan layak di kanca internasional. Setiap mutiara yang indah datangnya dari indonesia dan setiap mutiara yang cantik diambil dari dasar lautan indonesia







Related Posts:

0 Response to " Mutiara laut selatan indonesia, Layak bertarung di Kancah internasional "

Posting Komentar