Pengoperasian Gillnet millennium

Pengoperasian Gillnet Millenium - Gillnet Millenium salah satu alat tangkap yangbpopuler di kalangan masyarakat. Selain itu Gillnet millenium juga bisa dikatakan sebagai alat tangkap yang ramah lingkungan.

Gillnet millenium saat ininbisadi operasikan di permukaan, pertengahan maupun dasar. Secara teori gillnet millenium bisa untuk menangkap target tangkapan yang lebih banyak.



Secara umum metode pengoperasian alat tangkap gillnet millennium dengan metode pengoperasian alat tangkap gillnet lain yang umumnya dibagi dalam 4 (empat) tahap yaitu :

-Tahap persiapan 

Dalam tahap persiapan dilakukan kegiatan merakit dan menyusun alat tangkap gillnet millennium dan kelengkapannya di atas geladak kapal. Perakitan dimulai dengan menyambungkan pelampung tanda dengan tali ris atas pis jaring pertama menggunakan tali selambar. Selanjutnya tali ris samping masing-masing pis jaring dirangkai menjadi satu ikatan. Pemberat diikatkan pada tiap sambungan pis jaring. Pada tali ris atas pis jaring terakhir diikat dengan tali selambar. Setelah perakitan selesai, gillnet disusun diatas geladak 

- Tahap pemasangan jaring ( Setting )

Pemasangan jaring (setting) dimulai dengan menurunkan pelampung tanda dan tali selambar ke laut. Kemudian secara perlahan kapal bergerak mengikuti arah angin dan jaring pun mulai diturunkan. Penurunan jaring dimulai dengan pelemparan pemberat atau badan jaring bagian bawah dahulu kemudian pelemparan pelampung jaring atau badan jaring bagian atas. Pelemparan pemberat dan pelampung harus dilakukan dengan tepat agar jaring tidak terbelit sehingga dapat terentang dengan baik di perairan. Setelah semua badan jaring diturunkan, tali selambar terakhir diikatkan pada kapal agar jaring dapat terpantau dengan baik. Proses setting ini berlangsung selama ± 30 menit dengan panjang jaring yang digunakan yaitu sebanyak 10 pis.

- Tahap menunggu ( drifting )

Proses menunggu (drifting) dilakukan setelah penurunan alat tangkap selesai. Waktu yang dibutuhkan selama proses ini berlangsung adalah 3 - 4 jam. Selama drifting, personil yang terlibat bergantian mengawasi dan menjaga kapal dan alat tangkap yang sedang dioperasikan agar terhindar gerak kapal atau alat tangkap nelayan setempat yang beroperasi disekitar lokasi penangkapan.

- Tahap penarikan jaring (houling )

Penarikan jaring (hauling) dimulai dengan memposisikan kapal sesuai dengan arah angin, arah arus, dan posisi jaring agar proses hauling dapat berjalan dengan lancar dan jaring tidak tersangkut. Dilanjutkan dengan penarikan dimulai dari bagian jaring yang diturunkan paling akhir (tali selambar terakhir yang diikatkan ke kapal).

Apabila pada saat penarikan terdapat ikan yang terjerat maka ikan tersebut langsung dilepaskan dan diletakkan di geladak kapal, setelah itu penarikan jaring dilanjutkan kembali. Proses hauling berlangsung selama ± 1 jam tergantung banyaknya ikan yang tertangkap dan sampah-sampah yang tersangkut pada jaring. Penarikan jaring diahiri dengan pengangkatan pelampung tanda yang diterjunkan paling awal.




close
Pengoperasian Gillnet millennium Rating: 4.5 Diposkan Oleh: zavirraa khan

3 komentar:

  1. panduan yang menarik dari pemakaian alat tangkap gillnet millenium

    ReplyDelete
  2. Gillnet dioperasikan apabila lautnya banyak ikan,,lah laut jawakan ikannya sudah punah,,,terus bagaimana solusinya

    ReplyDelete
  3. Gill net millenium untuk menangkap ikan apa saja...tolong di jelaskan? Dan kenapa ditegal ada gillnet millenium dengan mata jaring 4" dan kenapa tidak di gunakan malah di biarkan saja?

    ReplyDelete