BBPI Semarang melakukan penyusutan ARSIP


perikanana38.blogspot.com
BBPI Semarang
BBPI Semarang yang termasuk Organisasi di bawah kementerian kelautan dan perikanan tentu mempunyai arsip. Arsip merupakan hasil dari kegiatan sebuah organisasi dalam hal ini BBPI Semarang. Dan perlu kita ketahui juga bahwa Arsip adalah setiap catatan yang tertulis, tercetak atau ketikan dalam bentuk huruf, angka atau gambar yang mempunyai arti dan tujuan tertentu sebagai bahan komunikasi dan informasi yang terekam pada kertas, kertas film, media komputer, dan lain-lain yang disimpan menurut suatu aturan sehingga apabila diperlukan dapat ditemukan kembali dengan mudah.

Pada tanggal 24 agustus 2016 berlokasi di gedung arsip ada kegiatan yang di lakukan oleh BBPI Semarang Yaitu penyusutan Arsip yang ada di BBPI Semarang. Sebagai koordinator dalam kegiatan tersebut adalah fungsional Arsiparis dalam hal ini Saudari ibu Leni. Menurut beliau penyusutan arsip di karenakan Pertambahan volume arsip dari waktu ke waktu pasti akan semakin banyak. Pertambahan volume arsip ini merupakan konsekuensi dari aktitivas BBPI Semarang. Dan Pertambahan volume arsip ini berakibat pada masalah ruang/tempat penyimpanan, Yang pada akhirnya juga membutuhkan biaya untuk perawatan yang tidak sedikit. untuk itu perlu tindakan penyusutan arsip.

Adapun tujuan dari kegiatan penyusutan arsip tersebut secara umum adalah :

  • Menghemat penggunaan prasarana dan sarana penyimpanan dokumen/arsip. 
  • Mewujudkan efisiensi dan efektivitas kerja perusahaan. 
  • Menekan biaya serendah mungkin dalam pengelolaan dokumen/arsip perusahaan. 
  • Memudahkan dalam menemukan kembali dokumen/arsip jika sewaktu -waktu diperlukan. 
  • Terjaminnya penyelamatan dokumen/arsip yang bernilai guna dan sebagai bahan pertanggungjawaban Instansi 

Penyusutan arsip di BBPI Semarang merupakan kegiatan yang sangat penting karena berkaitan dengan penghilangan barang bukti yang punya akibat hukum.  Karena pentingnya kegiatan ini maka kegiatan ini dilandasi hukum aturan yang menjadi dasar proses penyusutan arsip serta untuk koordinator pejabat fungsional arsiparis selain mengetahui dasar hukumnya juga harus benar benar bisa menguasai arsip apa yang penting dan tidak penting.

Begitu Penting peranan arsip maka untuk seluruh pegawai di lingkup BBPI Semarang agar bisa menyimpan dan merawat arsip dari mulai arsip surat tugas, Skp dan Laporan kegiatan. Semoga ke depan tata kelelo ke arsipan kita di BBPI Semarang bisa semakin rapi dan terstruktur.

Related Posts:

0 Response to "BBPI Semarang melakukan penyusutan ARSIP"

Post a Comment