Merealisasikan INPRES no 7 tahun 2016, Part 1

Supm n Tegal


Inpres No 7 tahun 2016 adalah keseriusan presiden jokowi untuk merealisasikan Jargon politiknya indonesia sebagai Poros maritim. Setelah munculnya Kepres no 115 tentang illlegal fishing kini Presiden berharap agar industialisasi perikanan bisa lebih maju.Bahkan dengan tegas jokowi memberi arahan berupa langkah langkah untuk mempercepat akan realisasi Inpres no 7 tahun 2016 diantaranya adalahpercepatan peningkatan jumlah dan kompetensi sumber daya manusia,inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi ramah lingkungan bidang perikanan; 

Selama ini kita lihat realita di lapangan bagaimana pra sumber daya perikanan kita khususnya untuk para generasi muda kita yang diharapkan agar bisa meneruskan tongkat estafet pembangunan perikanan harus begitu saja meninggalkan dalam negeri untuk bisa bekerja di kapal luar negeri semisal ke negara jepang atau spanyol. Dan faktor mereka tidak minat bekerja di dalam negeri karena di dalam negeri sendiri kepastian akan kesajahteraan sebagai nelayan jauh dari pandangan mereka.

Belum lagi Setelah mereka bekerja di kapal kapal perikanan dan mereka telah sadar bahwa dengan resiko yang tinggi dan gaji minim maka dengan sendirinya mereka beralih dari kapal perikanan ke kapal cargo atau barang. Dimana kapal cargo atau kapal barang menjanjikan kenyaman dan gaji yang tinggi. Mereka tinggal menyesuaikan ijasah dari semula ijasah perikanan ke ijasah prhubungan.

Sedangkan untuk peningkatan penelitian baik dari segi inovasi dan teknologi. Perikanan di indonesia masih kalah dengan perikanan perikanan semisal negara tetangga kita thailand. Kita kalah dari segi pendanaan dan pengakuan secara luas.

Sebenarnya inilah faktor pertama untuk menegembangkan perikanan di indonesia. Kita bicara tentang peningkatan produksi tetapi bilamana tidak ada sumber daya manusianya lalu siapa yang akan meningkatkan dan berusaha untuk menggenjot agar produksi bisa lebih banyak dan bermuara pada kesahteraan nelayan

close
Merealisasikan INPRES no 7 tahun 2016, Part 1 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: zavira khan

0 komentar:

Post a Comment