Kinerja SATGAS 115 masih perlu ditingkatkan.

Satgas 115 yang di bentuk presiden dalam rangka membantu KKP dalam mencegah dan menindak praktek telah mendapatkan apresiasi dari presiden Jokowi. Dalam hal ini Satgas yang di komandoni oleh MKP Susi Pudjiastuti secara konsisten mengawal kebijakan kedaulatan dan keberlangsungan Sumber daya ikan di lautan Indonesia. Satgas 115 yang terdiri Unsur KKP, TNI AL, BAKAMLA, Kejaksaan, POLRI dan yang terbaru bergabung adalah Unsur kementrian Keuangan dalam hal ini melibatkan Dirjen Pajak dan bea cukai.Capaian yang patut di apreasi atas kinerja SATGAS 115 diantaranya : Memerangi Illegal fishinng, Mencegah perdagangan manusia dan menggabungkan satelit pengawasan kapal perikanan.
Tetapi ada beberapa persoalan yang paling mendasar dalam hal kesuksesan SATGAS 115 yaitu terciptanya kesejahteraan Stakeholder dalam hal ini nelayan yang notabene sebagai garda terdepan untuk menikmati dan mengelola perikanan di Indonesia. Memang dalam hitungan bulan SATGAS 115 tidak bisa langsung merubah setiap kebijakan yang selama ini menjadikan perikanan indonesia tidak pernah maju. Dan semoga kedepan Satgas akan berupaya lebih keras untuk mensejahterakan Nelayan. Peranan SATGAS di harapkan bisa merubah semua tatanan yang salah, mengganti peraturan yang membuat nelayan bingung, Menjadikan perikanan indonesia No 1 di dunia.
Selain keenam lembaga tinggi yang tergabung dalam SATGAS 115 di harapkan satu lagi lembaga yang seharusnya di ikut sertaka. Karena peranan dan fungsi dari satu lembaga tersebut bisa di jadikan akan kemajuan perikanan. Lembaga negara yang satu ini adalah kementrian Perhubungan lewat direktur jendralnya Perhubungan Laut. Peranan Perhubungan laut yang sangat di harapkan adalah di mulai dari penerbitan Groos Akte bagi kapal kapal perikanan. Dan dalam fungsi Perla yang sangat diharapkan lagi adalah memberikan pelatihan untuk nelayan nelayan agar nelayan kita bisa bersaing dengan nelayan di luar negeri. Selain pelatihan di harapkan adanya pemutahiran Sertifikat sertifikat yang selama ini masih tumpang tindih.

Related Posts:

0 Response to " Kinerja SATGAS 115 masih perlu ditingkatkan. "

Post a Comment