Sifat ikan terhadap cahaya lampu


Ikan terangsang dan tertarik untuk  berkumpul mendekati sumber cahaya, hal tersebut dikarenakan ikan mempunyai sifat  phototaxis positip.

Adapun fungsi cahaya dalam operasi penangkapan  ikan adalah untuk mengumpulkan ikan pada suatu area tertentu yang mampu untuk dijangkau alat penangkap ikan yang kemudian baru dilaksanakan pengoperasian alat tangkap ( Ayodhyoa, 1985). Dikatakan pula bahwa peristiwa berkumpulnya ikan di bawah cahaya dapat dibedakan sebagai berikut :



  • Peristiwa langsung : yaitu ikan – ikan tersebut memang tertarik oleh cahaya lalu berkumpul (phototaxis positip)
  • Peristiwa tak langsung  : yaitu karena adanya cahaya menjadikan plankton – plankton dan ikan-ikan kecil  berkumpul, lalu ikan-ikan sasaran tangkapan datang mendekat dan berkumpul dengan tujuan untuk mencari makan berupa plankton atau ikan-ikan kecil tersebut.
Ikan dikenal bereaksi terhadap stimulus cahaya antara 0,001 – 0,001 lux, tergantung pada adaptasi  terhadap cahaya terang atau keredupan sebelumnya. Di dalam air laut yang jernih , cahaya matahari dapat merangsang mata manusia sampai pada kedalaman 250 meter,  tetapi ikan secara normal dapat hidup di dalam intensitas cahaya yang lebih dalam lagi. Hal ini ditegaskan melalui pengamatan Scrape ( 1952) dalam Nur Bambang dan Agung.W. (1999) yang menemukan berdasarkan pengamatan  echosounder bahwa lampu tertentu dapat menarik ikan sejauh 26-28 meter, meskipun untuk mata manusia tidak dapat bereaksi pada kedalaman 15 meter. Ikan memiliki penglihatan warna yang sangat baik , keberadaan daya penglihatan warna pada ikan telah ditegaskan dengan reaksi berbeda terhadap jaring yang berbeda warna.Tetapi secara keseluruhan ikan dapat mengenali warna jika cahaya cukup terang

    Related Posts:

    0 Response to " Sifat ikan terhadap cahaya lampu "

    Post a Comment