RPP pengelolaan SDI dan lingkungan

RPP ini berisi tentang isu dan status sumberdaya ikan dan lingkungannya (habitat, sosial, ekonomi,alat penangkap kan, kapal dll terkait pengelolaan) per wpp saat ini, Dari isu dan status tersebut di RPP dibuat tujuan pengelolaannya per wpp, kemudian diturunkan sasaran strategis yang terukur dapat diselesaikan selama 5 tahun (sesuai permen 29/2012 tentang Pedoman RPP)  dari setiap isu dan dari masing2 sasaran  strategi sudah dibuarrencana aksi yang akan dilakukan setiap tahun dari setiap sasaran startegis. 
Rencana aksi ini sudah disusun yang berasal tidak hanya kegiatan DJPT, namun sudah dimasukan terintegrasi dengan kegiatan masing2 es 1 terkait seperti balitbang KP, BPSDM, PDSPKP, PRL dan PSDKP bahkan sudah terintegrasi dengan rencana aksi satgas. Paralel dengan RPP ini , kami SDI juga sudah menginisisasi pembentukan lembaga pengelolaa perikanan per WPPNRI, dimana tahun ini kita memulai menginisisasi di WPP NRI dan tahun 2017 insyaAllah akan operasionalkan.. lembaga ini tidak struktural (karena Kementerian RB sdh moratorium lembaga baru)namun  kita memang membutuhkan suatu lembaga pengelola per wpp karena selama ini dirasa kurang optimal pengelolaan wpp disebabkan rentang kendali pusat terlalu luas.
Lembaga ini nanti berfungsi sebagai wadah kooedinasi pemangku kepentingan di wpp tersebut termasuk pusat dan daerah begitu juga ada peranan nelayan dan NGO dan bertugas utuk melaksanakan RPP, kemudian menganalisis dan akan merekomendasikannya ke Pusat dalam hal ini DJPT sebagai dasar penyusunan keputusan di WPP tersebut. Selain itu kami SDI juga sudah menyusun alokasi pemanfaatan sdi pr wpp dan diturunkan menjadi alokasi pusat dan daerah, dan daerah juga diturunkan per propinsi di wpp tersebut lengkap dengan API  dan jenis ikan yang boleh ditangkap ini sesuai uu perikan pasal 7 menteri menetapkan alokasi pemanfaatan sumberdaya ikan di wpp nri.
Terkait dengan ini lembaga pengelolaa akan mengevaluasi dan menganalisis alokasitersebut setiap tahun dan merupakan masukan lagi untuk RPP tahun selanjutnya sehingga kita berharap analisis dan evaluasi betul2 dilaksakanan oleh lembaga per wpp. 
Dalam rancangan struktur lembaga akan diisi oleh profesional pada jabatan tertentu seperti koordinator eksekutifnya dan angoota terkait struktur juga diisi oleh pemangku kepentingan terkait  menurut kami ini merupakan tugas kita bersama yg saling terintegrasi dan saling mendukung di WPP tersebut sehingga inilah yang kami sebut NEW MANAGEMENT WPP. terakhir kalau memang memungkinkan dalam waktu dekat ini direktur kami Pengelolaan SDI dapat mempresentasikan semuanya. sehingga dalam penyempurnaan ini kami menginginkan masukan yang lengkap lagi  tentang lembaga tsb. sebenarnya pengelolaan perikanan per wpp berkelanjutan dapat terwujud dan rencana2 aksi secara terintegrasi dapat terlaksana dengan baik apabila RPP terlasana dan lembaganya ada serta terevaluasi status wpp setiap saat dan apa yang akan kita lakukan lebih terencana dan terukur. 

Related Posts:

0 Response to " RPP pengelolaan SDI dan lingkungan "

Post a Comment