PELABUHAN DAGHO, Di resmikan dan di tinggal ?

Pelabuhan Perikanan Dagho yg diresmikan oleh Menteri Susi bulan Mei 2016 lalu, sampai hari ini tidak bisa mewujudkan peningkatan kesejahteraan nelayan dalam hal menjaga kualitas ikan. Sampai hari ini tidak ada produksi es balok di UPI Dagho. Karenanya nelayan harus membeli es batu rumahan yg harus dikumpulkan dgn susah payah dari rumah ke rumah dan berkeliling di desa2 mencari penduduk yg membuat es batu.. untuk sekedar mengawetkan hasil tangkapan mereka.
Pemerintah kabupaten Sangihe harusnya malu dengan kondisi seperti ini. Karena mesin pembuat es hanya dihidupkan pada saat ada kunjungan tim dari KKP. Setelah tim pulang, mesin dimatikan lagi.
Kalau 'penampakan' manis di muka Menteri Susi dan tim2 yg mensurvey dari KKP, berarti sangat jelas semuanya hanyalah orientasi project dan kepentingan perorangan???
Sudah ratusan miliar digelontorkan oleh kementerian KKP utk menunjang perikanan di kabupaten kepulauan Sangihe.. tapi fakta di lapangan sangat menyedihkan.

Itulah ungkapan dari salah satu netizen pengguna facebook tentang kondisi pelabuhan Dagho. Pelabuhan Dagho sebenarnya sudah ada sejak era presiden Soeharto dan Di Era Jokowi pelabuhan tersebut mendapatkan perbaikan dan penambahan fasilitas. Revitalisasi dan perbaikan di pelabuhan Dagho bertujuan meningkatkan nilai ekspor ikan yang selama ini di curi oleh nelayan filipina.wilayah pelabuhan Dagho berada di kabupaten kepulauan Sangihe. Dimana kabupaten tersebut sangat dekat dengan perbatasan filipina. Banyak warga dagho menjual produk ikannya yang kebanyakan nelayan tuna ke filipina.Tapi kalau kondisinya belum maksimal bukan tidak mungkin pelabuhan Dagho akan mangkrak kembali seperti pelabuhan pelabuhan yang hidup tapi terkesan mati.

KKP seharusnya terus mengawasi dan memonitoring perkembangan dari pelabuhan Dagho tersebut. Tidak hanya sekedar membangun lalau di tinggalkan. Masih perlu untuk terus dibenahi dan di awasi. Apalagi dengan berbagai persoalan yang masih banyak di kepulauan sangihe

Related Posts:

0 Response to " PELABUHAN DAGHO, Di resmikan dan di tinggal ? "

Post a Comment